Husna Rahmayunita
Aksi Razza Fachrezi dan Marselino Ferdinan saat laga Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, harus memutar otak untuk mencari pengganti Marselino Ferdinan yang diprediksi absen sepanjang gelaran Piala AFF U-19 2022.

Shin Tae-yong mengatakan, cedera yang dialami Marselino Ferdinan saat menghadapi Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022 membuatnya diragukan tampil bersama timnas Indonesia U-19 di sisa turnamen.

Absennya Marselino Ferdinan di sisa Piala AFF U-19 2022 jelas menjadi kerugian untuk timnas Indonesia U-19. Sebab, gelandang Persebaya Surabaya ini jadi pemain penting di lini tengah, di samping perannya sebagai kapten.

Setidaknya, ada beberapa pemain yang bisa ditunjuk Shin Tae-yong untuk menambal lubang di lini tengah yang ditinggalkan oleh Marselino Ferdinan.

Pemain-pemain ini punya kualitas yang mumpuni untuk menjaga keseimbangan permainan skuad Garuda Nusantara, julukan timnas Indonesia U-19.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pemain yang paling berpeluang gantikan posisi Marselino Ferdinan di timnas Indonesia U-19.

1. Zanadin Fariz

Wonderkid Persis Solo, Zanadin Fariz. (Dok. Persis)

Zanadin Fariz sebetulnya jadi nama terbaru di skuad timnas Indonesia U-19. Pemain ini mencuat setelah penampilan impresifnya bersama Persis Solo di Piala Presiden 2022.

Secara pengalaman, pemain yang akrab disapa Ucil ini memang masih belum banyak mengenyam caps internasional. Namun, sosoknya bisa diharapkan jadi pengganti Marselino Ferdinan.

Apalagi, dia juga sempat mencatat debut saat timnas Indonesia U-19 menang atas Brunei Darussalam pada laga sebelumnya. Saat itu, Ucil bermain selama 45 menit.

2. Muhammad Rafli Asrul

Muhammad Rafli Asrul (@raflyasrul_07)

Muhammad Rafli Asrul juga layak untuk mendapat kepercayaan Shin Tae-yong menggantikan peran Marselino Ferdinan di lini tengah.

Jika dibandingkan dengan nama-nama lainnya, Rafli Asrul memiliki karakter yang mirip dengan Marselino Ferdinan karena tipenya sebagai gelandang serang.

Pemain ini juga telah mengikuti dua kali program Garuda Select, yakni pada jilid kedua dan ketiga. Itu jadi modal berharga bagi pemain 19 tahun ini untuk memegang peran penting di lini tengah timnas U-19.

3. Dimas Juliono Pamungkas

Pemain Timnas Indonesia U-19, Dimas Juliono Pamungkas. (Instagram/dimasjp11__)

Pemain lainnya yang juga punya kapasitas mumpuni untuk menggantikan Marselino Ferdinan di lini tengah ialah Dimas Juliono Pamungkas.

Gelandang berusia 17 tahun ini merupakan tipe pemain bertahan. Keunggulannya di sisi ini bisa membantu Arkhan Fikri yang punya tipe berbeda.

Sejauh ini, Dimas sudah tiga kali dipercaya oleh Shin Tae-yong. Namun, dari semua aksinya itu, ia lebih banyak diplot sebagai pemain bertahan dengan skema tiga bek.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More