Husna Rahmayunita
Timnas Vietnam U-19. (Dok.VFF)

Bolatimes.com - Kegagalan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 tak hanya membuat pendukung sedih, tetapi juga jadi bahan gunjingan fans Timnas Vietnam.

Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Timnas Indonesia U-19 gagal ke semifinal meski menang telak 5-1 atas Vietnam di pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 karena kalah head to head.

Hasil imbang 1-1 di laga Thailand U-19 vs Vietnam U-19 membuat timnas Indonesia U-19 yang menundukan Myanmar harus tersingkir dari Piala AFF U-19 karena kalah head-to-head dari dua negara tersebut.

Kemenangan atas Myanmar membuat timnas Indonesia U-19 mengoleksi 11 poin, setara dengan Vietnam dan Thailand yang mengakhiri fase grup dengan hasil imbang.

Namun, Piala AFF U-19 memiliki regulasi tersendiri untuk menentukan peringkat akhir suatu grup yakni dengan menempatkan tiga tim dengan poin sama ke dalam klasemen mini.

Alih-alih mengedepankan jumlah selisih gol dan agresivitas gol dari keseluruhan pertandingan grup, AFF menggunakan head-o-head antara tim-tim dengan poin sama untuk menentukan peringkat.

Timnas Indonesia U-19 hanya bermain imbang lawan Vietnam dan Thailan di laga sebelumnya. Skuad Garuda Nusantara pun dinyatakan kalah head to head.

Menyusul hasil pahit yang diterima anak asuh Shin Tae-yong, sejumlah fans Vietnam bereaksi. Hal itu terlihat dari kolom komentar dalam unggahan akun Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) di Facebook, Senin (11/7/2022).

Fans timnas Vietnam bagai menabur garam pada luka dengan mengolok-olok kegagalan timnas Indonesia U-19 melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Mereka menjadikan tersingkirnya Garuda Nusantara dari kompetisi sepak bola kelompok umur se-ASEAN itu sebagai lelucon.

VFF mengunggah berita kelolosan timnas Vietnam ke semifinal Piala AFF U-19 setelah menahan imbang Thailand 1-1 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Minggu (10/7/2022).

Dalam unggahan itu, VFF turut menjelaskan bahwa timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak lolos ke semifinal kendati di laga terakhirnya mengalahkan Myanmar 5-1 karena kalah secara head to head dengan Vietnam dan Thailand.

"Selamat kepada pelatih Dinh The Nam karena telah menyelesaikan target di babak penyisihan grup dan menuju tujuan berikutnya yaitu semifinal Piala AFF U-19 2022!!!" tulis VFF di Facebook.

Sebagian fans Vietnam menimpali unggahan itu dengan kalimat sindiran dan candaan tentang timnas Indonesia U-19 yang tersingkir secara menyakitkan dari ajang Piala AFF U-19 2022.

"Turut prihatin terhadap pelatih Indonesia [Shin Tae-yong]. Sudah dapat keuntungan karena melatih tim U-23, U-19, tapi tidak bisa juara juga," tulis Nguyen Dinh Quang.

"Jadi Indonesia sudah kehilangan harapan. Selamat untuk pemain dan pelatih Dinh The Nam yang sudah melakukan yang terbaik untuk membawa tim ke semifinal," kata Ngo Thi Chau.

"Indonesia sejatinya main lebih baik. Besok. media-media mereka pasti menyalahkan Thailand dan Vietnam dengan tudingan bermain kotor," tulis Tinh Tam.

"Di menit-menit terakhir, Indonesia menyaksikan, itu pastinya bikin mereka kepedasan melebihi saat makan cabai," tulis Duy Cong diikuti emotikon tertawa.

Meski mayoritas fans Vietnam mengolok-olok Indonesia, terdapat penggemar mereka yang mengakui bahwa timnas Indonesia U-19 sudah bermain sangat baik dan fans jelas kecewa karena mereka akhirnya gagal lolos ke semifinal.

"Respek untuk Indonesia. Sedikit menyedihkan bagi mereka di turnamen ini, mereka bermain bagus tetapi gagal lolos dari fase grup. Itu pasti sangat menyedihkan bagi para pemain Indonesia. Selamat untuk Vietnam U-19 yang lolos ke semifinal," tulis Nguyen Long.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More