Husna Rahmayunita
Pesepakbola Timnas Indonesia U-19, Zanadin Fariz (tengah) menangis usai timnya tersingkir di fase grup Piala AFF U-19 2022. [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski menang telak di laga terakhir fase grup. Media Vietam ikut berkomentar.

Pada Minggu (10/7/2022) malam WIB, Timnas Indonesia U-19 bertanding lawan Myanmar di Stadioan Candrabhaga, Bekasi. Anak asuhan Shin Tae-yong menang telak 5-1.

Dari laga kontra Myanmar, gol-gol Indonesia dibuat oleh Muhammad Ferarri (dua gol), Arkhan Fikri, Rabbani Siddiq dan Ronaldo Kwateh. Myanmar memperkecil kedudukan via La Min Htwe.

Walau menak telak, Timnas Indonesia U-19 gagal ke semifinal karena laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19 berakhir imbang. Sesuai regulasi, tim tuan rumah disebut kalah head to head, meski menang di laga terakhir.

Di Grup A, regulasi head to head diaktifkan lantaran Timnas Indonesia U-19 yang menundukkan Myanmar 5-1 pada laga terakhir, memiliki poin yang sama (11) dengan Thailand dan Vietnam karena, pada saat bersamaan, dua negara tersebut bermain imbang 1-1 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Timnas Indonesia U-19 tak bisa ke empat besar alias kalah head to head lantaran hanya bermain 0-0 saat bersua dengan Vietnam dan Thailand pada laga sebelumnya.

Bersamaan dengan itu, muncul dugaan bila Vietnam dan Thailand bermain mata agar bisa lolos. Mereka dinilai sengaja main imbang agar tak bertemu Timnas Indonesia U-19 di semifinal. Apalagi saat pertandingan, para pemain kedua tim terlihat mengendur setelah kedudukan sama.

Buntutnya, pendukung Timnas Indonesia kecewa berat. Beragam respons disampaikan oleh para fans lewat media sosial. Tak sedikit yang meluapkan kekecewaan dengan memberikan komentar sinis kepada skuad Vietnam dan Thailand di media sosial.

Media Vietnam pun menyoroti aksi para suporter Timnas Indonesia U-19. Mereka menyebut tuan rumah kalah secara menyakitkan.

"Tersingkir dengan menyakitkan, fans Indonesia menuduh Vietnam dan Thailand mengatur pertandingan," tulis TheThao247 dalam sebuah artikelnya seperti dikutip Senin (11/7/2022).

"Sesaat setelah Timas Indonesia U-19 tersingkir sesuai skenario pahit, fans di sana melontarkan kata-kata sarkastis kepada Vietnam U-19 dan Thailand U-19," imbuhnya.

Load More