Rauhanda Riyantama
Sujumlah pemain Indonesia U-19 meluapkan kekecewaannya usai laga penyisihan grup Piala AFF U-19 melawan Myanmar U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Meskipun menang dengan skor 5-1, Indonesia U-19 tetap tersingkir dari Piala AFF U-19. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/7/2022). Fans pun dibuat kecewa berat karena dinilai ada unsur match fixing dan mafia bola dalam ajang kali ini.

Fans sepak bola Indonesia pun meluapkan emosi mereka dengan menyerbu akun Instagram AFF, @aff.presse dan timnas Thailand, @changsuek. Mereka menumpahkan segala kekesalannya di kolom komentar unggahan kedua akun tersebut.

Di salah satu postingan AFF, banyak warganet yang terlihat memberikan komentar negatif. Mayoritas menuding Federasi Sepak Bola ASEAN itu dipenuhi mafia.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal Piala AFF karena Regulasi, Shin Tae-yong: Tidak Masuk Akal

Warganet menyerbu akun instagram AFF, @aff.presse setelah timnas Indonesia U-19 tersingkir dari Piala AFF U-19 2022. [Instagram/@aff.presse]

"AFF Full of Mafia... Indonesia doesn't need AFF. F*ck AFF," tulis akun @Ferrytsas di kolom komentar salah satu unggahan Instagram AFF.

"#AFFMAFIA, Report," tulis @aissju.

"#AFF Mafia," tulis @Riyaeldi08.

Baca Juga:
Bungkam Myanmar 5-1, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Di sisi lain, akun timnas Thailand juga mendapatkan teror serupa. Di salah satu unggahannya, warganet Indonesia menuduh tim berjuluk War Elephants itu telah "main mata" dengan Vietnam atau melakukan match fixing.

Warganet menyerbu akun instagram timnas Thailand, @changsuek setelah timnas Indonesia U-19 tersingkir dari Piala AFF U-19 2022. [Instagram/@changsuek]

"Match fixing," tulis @khyy23_.

"RIP Fair Play," timpal @zulfy43.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-19 2022: Bantai Myanmar 5-1, Timnas Indonesia U-19 Gagal Lolos ke Semifinal

Fans sepak bola Indonesia geram sekaligus kecewa karena timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 dengan cara terbilang menyakitkan.

Hasil imbang 1-1 di laga Thailand U-19 vs Vietnam U-19 membuat timnas Indonesia U-19 yang menundukan Myanmar 5-1 di laga terakhirnya harus tersingkir dari Piala AFF U-19 karena kalah head-to-head dari dua negara tersebut.

Kemenangan atas Myanmar membuat timnas Indonesia U-19 mengoleksi 11 poin, setara dengan Vietnam dan Thailand yang mengakhiri fase grup dengan hasil imbang.

Baca Juga:
Babak Pertama, Timnas Indonesia U-19 Perkasa Bantai Myanmar 4-1

Namun, Piala AFF U-19 memiliki regulasi tersendiri untuk menentukan peringkat akhir suatu grup yakni dengan menempatkan tiga tim dengan poin sama ke dalam klasemen mini.

Alih-alih mengedepankan jumlah selisih gol dan agresivitas gol, AFF menggunakan head-o-head antara tim-tim dengan poin sama untuk menentukan peringkat.

Jika menggunakan selisih gol, maka Indonesia (+15) yang akan lolos bersama Vietnam (+9) dan Thailand yang justru tersingkir (+6).

Timnas Indonesia U-19 merayakan gol ke gawang Myanmar di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@pssi)

Namun, berhubung AFF mengedepankan head-to-head dalam menentukan peringkat, maka situasi itu secara tak langsung jadi kerugian bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

Pasalnya, secara head-to-head, timnas Indonesia cuma bermain imbang tanpa gol ketika menghadapi Vietnam dan Thailand. Sementara kedua negara yang disebutkan, mampu bermain imbang 1-1 dalam pertemuannya di Grup A.

Skema itu membuat klasemen mini menunjukkan Vietnam sebagai juara Grup A dengan dua poin, +0 selisih gol, dan 1 agresivitas gol. Sedangkan Thailand menduduki peringkat kedua dengan dua poin, +0 selisih gol dan +1 agresivitas gol.

Di sisi lain, timnas Indonesia U-19 yang tak mampu mencetak gol dalam hasil imbang kontra dua tim di atas, harus menduduki peringkat ketiga atau terakhir dengan koleksi dua poin, +0 selisih gol dan +0 agresivitas gol.

Situasi itu membuat timnas Indonesia U-19 harus tersingkir dari Piala AFF U-19 2022 sedangkan Vietnam dan Thailand yang menduduki dua besar berhak melaju ke babak semifinal.

(Arief Apriadi)

Load More