Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain Timnas Indonesia U-19, Rabbani Tasnim melakukan tendangan penalti ke gawang Timnas Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

Bolatimes.com - Shin Tae-yong merotasi hampir seluruh pemain saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Filipina. Namun ia tak mengganti di posisi kiper, yakni tetap mempercayakan kepada Cahya Supriadi.

Terbukti sejak melawan Vietnam di laga perdana, Shin Tae-yong tidak punya susunan pemain yang tetap. Terbaru saat melawan Filipina, di mana hampir semua pemain pelapis yang dimainkan.

Adapun dalam pertandingan melawan Filipina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Timnas Indonesia U-19 menang telak 5-1, Jumat (8/7/2022). Kemenangan ini sangat berarti untuk modal Indonesia lolos ke fase selanjutnya.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-19: Rabbani Tasnim Hattrick, Timnas Indonesia Hajar Filipina 5-1

Shin Tae-yong punya alasan kuat merotasi pemainnya. Ia tidak mau pemainnya kelelahan mengingat kemenangan laga selanjutnya melawan Myanmar sangat penting.

"Antisipasi fisik untuk laga berikutnya jadi hampir semua starting diganti, jadi semua pemain yang dapat main untuk hari ini sangat bekerja keras, saya ucapkan terima kasih," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Memang hari ini saya ubah starting sengaja untuk antisipasi laga berikutnya agar fisik tidak runtuh dan menurun," tambahnya.

Baca Juga:
Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam: Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh Cadangan

Sementara untuk posisi kiper, Shin Tae-yong punya alasan berbeda tidak melakukan rotasi. Ia menganggap semakin banyak tampil, penjaga gawang bakal semakin matang.

"Untuk posisi kiper memang posisi yang berbeda dengan gelandang, jadi pastinya akan meminimalisir pergantian kiper selama satu turnamen," terang Shin Tae-yong.

"Kiper berbeda. Penting performa selama turnamen jadi akan jarang sekali diganti posisi kiper," pungkasnya.

Baca Juga:
Efek Jordi Amat , JDT Jadi Klub dengan Nilai Pasar Tertinggi di Asia Tenggara

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia U-19 yang saat ini mengantongi delapan poin beranjak ke posisi tiga klasemen sementara Grup A dan masih berpeluang besar ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Indonesia saat ini hanya terpaut dua poin dari Vietnam dan Thailand yang berada di posisi satu dan dua. Keduanya akan saling berhadapan di laga pamungkas.

Sementara Timnas Indonesia U-19 akan melakoni partai hidup mati di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 menghadapi myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-19: Hajar Myanmar 3-1, Vietnam U-19 Berpeluang Lolos ke Semifinal

Load More