Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-19 usai ditahan imbang Vietnam dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022). [PSSI]

Bolatimes.com - Prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U-19 vs Filipina diperkirakan tak akan mengalami perubahan yang signifikan saat berjumpa pada lanjutan laga Grup A Piala AFF U-19 2022.

Menurut jadwal, duel antara timnas Indonesia U-19 versus Filipina itu akan terselenggara di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) pukul 20.00 WIB.

Pada pertandingan melawan Filipina, pelatih timnas Indonesia U-19 harus memutar otak karena ada sejumlah pemainnya yang harus absen, terutama sang kapten, Marselino Ferdinan.

Marselino Ferdinan diprediksi sudah tak bisa tampil pada sisa Piala AFF U-19 2022 karena sempat mengalami cedera hamstring pada laga melawan Thailand.

Oleh karena itu, sektor lini tengah bakal meninggalkan lubang dan Shin Tae-yong harus mencari pengganti yang tepat untuk menambal kekosongan tersebut.

Menghadapi Filipina, Shin Tae-yong diprediksi masih akan menerapkan skema tiga bek dengan pakem 3-4-3. Di sektor penjaga gawang, Cahya Supriyadi masih akan jadi andalan karena sejauh ini belum kebobolan.

Tiga bek yang akan mengisi pertahanan timnas U-19 ialah Marcell Januar Putra, Ahmad Rusadi, dan Muhammad Ferrari.

Sementara itu, ada empat pemain yang bakal mengisi sektor lini tengah. Arkhan Fikri bakal berduet dengan Dimas Juliono Pamungkas. Lalu, sektor sayap kanan dipercayakan kepada Kakang Rudianto, sedangkan Subhan Fajri di sisi kiri.

Untuk tiga pemain di lini depan, Ronaldo Kwateh dan Ferdiansyah Cecep akan mengapit Hokky Caraka yang diplot sebagai pemain nomor sembilan.

Dengan formasi ini, timnas Indonesia U-19 diharapkan mampu mencetak kemenangan dengan margin gol yang besar demi menjaga peluang untuk lolos ke fase semifinal Piala AFF U-19 2022.

Saat ini, timnas Indonesia U-19 berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi lima poin dari tiga laga.

Lima poin itu diraih setelah menang 7-0 atas Brunei Darussalam, dan dua kali bermain imbang tanpa gol melawan Vietnam dan Thailand.

Perolehan ini membuat Indonesia terpaut dua poin dari Vietnam yang berada di puncak dan Thailand yang membuntuti di posisi kedua dengan koleksi tujuh poin.

Sebagai informasi, Vietnam dan Thailand sama-sama mengumpulkan tujuh poin, tapi Vietnam masih unggul produktivitas gol atas Thailand, yakni +7 berbanding +4.

Sementara itu, di peringkat ketiga ada Myanmar yang masih mengumpulkan enam poin hasil dari dua kemenangan dan satu kekalahan.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Filipina

(3-4-3): Cahya Supriyadi; Ahmad Rusadi, Muhammad Ferrari, Marcell Januar Putra; Kakang Rudianto, Arkhan Fikri, Dimas Juliono Pamungkas, Subhan Fajri; Ferdiansyah Cecep, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh;

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More