Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-19, Arkhan Fikri berebut bola dengan pemain Thailand U-19 Sittha Boonlha dalam laga penyisihan grup Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)

Bolatimes.com - Mengenal Arkhan Fikri yang digadang-gadang sebagai calon penerus Evan Dimas, usai tampil moncer bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 memang baru melakoni tiga laga di Piala AFF U-19 2022. Namun, beberapa nama telah muncul ke permukaan dan digadang-gadang jadi bintang besar.

Salah satunya adalah Arkhan Fikri. Namanya diperbincangkan usai tampil konsisten di lini tengah Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:
Pratama Arhan Debut, Media Jepang Kritik Tokyo Verdy Sebut Salah Tempatkan Posisi dan Jarang Diumpan

Berkat konsistensi penampilannya itu, pemain yang baru berusia 17 tahun ini digadang-gadang akan menjadi penerus Evan Dimas.

Hal ini tak lepas dari kemampuannya yang apik dalam melakukan dribel serta melepaskan operan untuk rekan-rekannya.

Bahkan, Arkhan Fikri telah berhasil mencetak satu gol di Piala AFF U-19 2022 ini, kala Timnas Indonesia U-19 mencukur habis Brunei Darussalam dengan skor 7-0.

Baca Juga:
Bungkam Wakil China dalam 49 Menit, Hendra/Ahsan Melaju ke Perempat Final Malaysia Masters 2022

Hal tersebut pula yang membuatnya dilabeli sebagai penerus Evan Dimas. Apalagi, keduanya sama-sama membela Arema FC.

Lantas, siapakah sosok Arkhan Fikri tersebut?

Pemain yang Dikontrak Panjang Arema FC

Baca Juga:
Daftar Top Skor Piala AFF U-19 2022, Hokky Caraka Tak Tertandingi

Arkhan Fikri merupakan penggawa Timnas Indonesia U-19 dan Arema FC yang lahir pada 28 Desember 2004 silam di Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kariernya di dunia sepak bola bermula di akademi tanah kelahirannya, yakni Akademi Kwarta Medan pada 2017 silam.

Usai menimba ilmu di akademi kampung halamannya, Arkhan Fikri sempat bergabung dengan PSSA Asahan U-15 setahun kemudian.

Baca Juga:
Debut di Tokyo Verdy Berakhir Manis, Pratama Arhan Ungkap Pesan Pelatih

Kiprahnya pun berlanjut ke pentas nasional, kala dirinya bergabung tim muda salah satu tim Liga 1 yakni Barito Putera U-16.

Ia membela Barito Putera U-16 hingga berhasil menembus tim U-18 sampai tahun 2020 lalu. Dari sanalah bakatnya terendus.

Penampilan apiknya di tim akademi Barito Putera membuat Arkhan Fikri berkesempatan mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19.

Saat mengikuti pemusatan latihan tersebut, Arkhan Fikri diketahui telah berseragam Arema FC, di mana ia dikontrak oleh tim berjuluk Singo Edan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Arkhan Fikri diberikan kontrak panjang yang berdurasi lima tahun, durasi yang jarang diberikan kepada pemain lokal.

Adapun alasan Arema FC berani memberikan kontrak panjang kepada Arkhan Fikri karena usianya yang masih muda.

Kontrak jangka panjang itu diberikan dengan tujuan agar Arema FC bisa melakukan regenerasi di masa mendatang.

Meski dianugerahi kontrak jangka panjang, Arkhan Fikri tak akan serta merta masuk ke tim utama. Bisa saja dirinya justru tampil di tim Elite Pro Academy (EPA).

Namun, rencana Arema FC ini bisa saja batal terjadi jika melihat penampilan Arkhan Fikri bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 ini.

Sebab, Arkhan Fikri bisa tampil apik sepanjang gelaran dan bahkan menjadi ruh permainan Timnas Indonesia U-19 bersama Marselino Ferdinan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More