Rauhanda Riyantama
Sejumlah pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 menyapa penonton usai pertandingan pesepak bola Tim Nasional Thailand U-19 Chanapach Buaphan (kanan) dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). Pertandingan itu berakhir 0-0. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Bolatimes.com - Berikut dua syarat agar Timnas Indonesia U-19 bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 usai bermain imbang dengan Thailand.

Timnas Indonesia U-19 dihadapkan pada situasi sulit usai meraih imbang di laga ketiga grup A Piala AFF U-19 melawan Thailand, Rabu (6/7).

Dalam duel tersebut, skuat arahan Shin Tae-yong itu harus puas bermain imbang 0-0 dengan tim arahan Salvador Valero Garcia itu.

Baca Juga:
Kiper Dikartu Merah, Pemain Vietnam U-19 Protes Wasit Piala AFF U-19 2022

Berkat hasil imbang itu, Timnas Indonesia U-19 pun melorot ke posisi ke-4 klasemen, seiring hasil yang didapatkan kompetitor lainnya di laga ketiga grup A.

Timnas Indonesia U-19 baru mengumpulkan lima poin berkat hasil satu kemenangan dan dua hasil imbang. Raihan poin ini masih kalah dari Myanmar (6 poin), Thailand (7 poin), dan Vietnam (7 poin).

Dengan dua pertandingan tersisa, Timnas Indonesia U-19 secara matematis masih bisa lolos ke semifinal. Namun, hal ini terbilang sulit.

Baca Juga:
Hasil Malaysia Masters 2022: Febby/Ribka Tumbang, Anthony Ginting Meluncur ke Perempat Final

Sebab, kelolosan Timnas Indonesia U-19 bergantung kepada dua syarat yang juga dipengaruhi oleh hasil-hasil yang diraih Myanmar, Thailand dan Vietnam.

Lantas, apa saja syarat tersebut?

Pesepak bola Indonesia U19 Alfriyanto Nico Saputro (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Thailand U19 Sittha Boonlha (kanan) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Syarat untuk Lolos

Baca Juga:
Aksinya Disorot Pelatih Thailand U-19, Cahya Supriadi Angkat Bicara

Syarat pertama agar Timnas Indonesia U-19 bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 adalah dengan menyapu bersih dua pertandingan tersisa dengan kemenangan.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Filipina (8/7) dan Myanmar (10/7) di dua pertandingan tersisa.

Kemenangan dalam dua laga ini akan membuat Timnas Indonesia U-19 punya maksimal 11 poin. Sehingga, bisa lolos ke babak semifinal.

Baca Juga:
Profil Viqri Ardiansyah, Jebolan Akademi Arema FC yang Akan Trial di Madrid

Namun, raihan 11 poin yang didapat Timnas Indonesia bisa membuat mereka lolos andai Vietnam dan Thailand saling mengalahkan di laga terakhir.

Jika salah satu antara Vietnam dan Thailand tumbang, maka Timnas Indonesia U-19 akan lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 maksimal sebagai Runner Up grup A.

Lalu, bagaimana jika di laga terakhir Vietnam kontra Thailand justru berakhir imbang dan membuat raihan poin keduanya menjadi 11 poin?

Akankah Timnas Indonesia U-19 bisa lolos meski menang di dua laga tersisa dan hanya punya 11 poin saja?

Untuk itu ada syarat kedua, yakni Timnas Indonesia U-19 harus menang di dua laga tersisa dengan mencetak banyak gol.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam punya selisih gol yang sama, yakni plus 7 gol. Sedangkan Thailand punya plus 4 gol dan belum berhadapan dengan Brunei Darussalam.

Jika nanti Vietnam dan Thailand imbang, maka Timnas Indonesia bisa ke semifinal dengan catatan punya selisih gol yang lebih baik, yang bisa diraih dengan meraih kemenangan besar atas Filipina dan Myanmar.

Dua syarat ini pun wajib dipenuhi oleh Timnas Indonesia U-19 agar langkahnya tak terhenti di fase grup di Piala AFF U-19 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More