Husna Rahmayunita
Sejumlah pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 menyapa penonton usai pertandingan pesepak bola Tim Nasional Thailand U-19 Chanapach Buaphan (kanan) dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). Pertandingan itu berakhir 0-0. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 dalam posisi terhimpit usai gagal menang lawan Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (6/7/2022) malam WIB.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia U-19 harus puas ditahan imbang Thailand dengan skor 0-0. Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia U-19 kini melorot ke posisi keempat klasemen grup A Piala AFF U-19 2022.

Pasukan Shin Tae-yong saat ini hanya mengemas 5 poin, selisih satu poin dari Myanmar dan dua poin dari Vietnam dan Thailand yang tempati posisi pertama dan kedua.

Hanya dua negara yang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022. Lantas bagaimana peluang Ronaldo Kwateh dkk untuk bisa melaju ke babak empat besar?

Timnas Indonesia U-19 menyisakan dua pertandingan. Melawan Filipina pada 8 Juli 2022 serta menghadapi Myanmar pdaa 10 Juli 2022. Dua laga itu akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

Bila mampu meraih dua kemenangan di partai terakhir, timnas Indonesia akan mengantongi 11 poin. Artinya peluang untuk lolos ke babak semifinal masih ada meski berat.

Hal ini lantaran nasib timnas Indonesia U-19 juga tergantung pada hasil dua laga Vietnam dan Thailand.

Setelah menghadapi Timnas Indonesia U-19, Thailand akan menghadapi Brunei. Di atas kertas, Nattakit Butsing dkk tentu diprediksi akan menang besar.

Sementara Vietnam akan hadapi Myanmar. Kemenangan juga bisa diraih oleh Nguyn Quc Vit dkk. Nah, di partai terakhir, Vietnam dan Thailand akan saling bertemu.

Jika kedua negara di laga terakhir bermain imbang, maka 11 poin akan diraih oleh mereka, sama dengan poin maksimal yang diraih oleh timnas Indonesia jika mampu memang di dua laga terakhir.

Secara agregat gol, timnas Indonesia U-19 lebih baik dibanding Thailand yang saat ini berada di posisi kedua. Ronaldo Kwateh dkk telah mencetak 7 gol dan tanpa kebobolan. Sementara Thailand baru mampu mencetak 4 gol dan juga nir gol.

Karenanya di partai melawan Filipina dan Myanmar, timnas setidaknya harus mampu meraih kemenangan lebih dari 2-0.

Sambil berharap, Thailand tersandung di laga terakhir melawan Vietnam atau hanya menang tipis saat menghadapi Brunei.

Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022:

1. Vietnam: 7 poin
2. Thailand: 7 poin
3. Myanmar: 6 poin
4. Indonesia: 5 poin
5. Filipina: 0 poin
6. Brunei: 0 poin

(SuaraBekaci.id/Galih Prasetyo)

Load More