Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-19 vs Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 2022. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Setiap berbicara kiprah dan prestasi timnas Indonesia U-19, salah satu topik yang tak akan pernah luput dari pembahasan ialah keberhasilan era Evan Dimas dan kawan-kawan yang menjuarai Piala AFF U-19 2013.

Sebab, kesuksesan timnas Indonesia U-19 menyabet gelar juara Piala AFF U-19 2013 itu menjadi catatan bersejarah. Ini gelar pertama dan satu-satunya yang pernah diraih Indonesia sampai hari ini.

Kini, harapan serupa tentu dititipkan kepada timnas Indonesia U-19 era asuhan Shin Tae-yong yang tengah berjuang di ajang Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga:
Tak Sesuai Filosofi, Bayern Munchen Ogah Boyong Cristiano Ronaldo

Skuad timnas U-19 yang diperkuat oleh Marselino Ferdinan dan kawan-kawan diharapkan mampu mengakhiri paceklik prestasi di ajang Piala AFF U-19.

Jika dibuat perbandingan, taktik, strategi, dan formasi timnas Indonesia U-19 di dua ajang Piala AFF U-19 itu cukup berbeda. Sebab, Shin Tae-yong menerapkan skema 3-4-3, sedangkan Indra Sjafri menggunakan pakem 4-3-3.

Berikut Bolatimes.com menyajikan perbandingan daftar susunan pemain timnas Indonesia U-19 yang kini berjuang di Piala AFF U-19 2022 dengan era Evan Dimas dan kawan-kawan.

Baca Juga:
Adem, Pelatih Thailand U-19 Doakan Marselino Ferdinan Lekas Sembuh dari Cedera

Starting XI Timnas Indonesia U-19 era Marselino Ferdinan

Di Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong menerapkan skema tiga bek tengah dengan pakem 3-4-3. Di posisi penjaga gawang, ada Cahya Supriadi yang selalu jadi pilihan utama pada tiga laga awal Grup A.

Lalu, tiga bek tengah yang belakangan ini dipasang Shin Tae-yong ialah Marcell Januar Putra, Ahmad Rusadi, dan Dimas Juliono Pamungkas. Ketiganya selalu bermain pada tiga laga awal.

Baca Juga:
Link Live Streaming Malaysia Masters 2022 Hari Ini: The Daddies Cs Berburu Tiket Perempat Final

Lalu untuk lini tengah timnas Indonesia U-19 menurunkan duet Marselino Ferdinan dan Arkhan Fikri sebagai motor serangan. Untuk mengisi dua sayap, ada Mikael Tata di sektor kiri dan Kakang Rudianto di sisi kanan.

Adapun dua pemain di lini serang yang selalu tampil pada dua laga terakhir Grup A ialah Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh. Belakang ini, Ferdiansyah mendapat kesempatan untuk tampil di sisi kanan.

(3-4-3): Cahya Supriadi; Marcell Januar Putra, Ahmad Rusadi, Dimas Juliono Pamungkas; Mikael Alfredo Tata, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Kakang Rudianto; Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, Ferdiansyah Cecep;

Baca Juga:
Jadi Penyelamat Timnas Indonesia U-19 Lawan Thailand, Cahya Supriadi Dipuji Selangit

Starting XI Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas

Sementara itu, timnas Indonesia U-19 yang berada di nakhoda Indra Sjafri menerapkan pakem 4-3-3 untuk menjuarai gelaran Piala AFF U-19 2013.

Penjaga gawang yang saat itu menjadi andalan ialah Ravi Murdianto. Untuk empat pemain bertahan, Indra Sjafri memilih duet Hansamu Yama dan Syahrul Kurniawan di jantung pertahanan, serta Putu Gede dan Fatchu Rohman untuk menjaga sisi sayap.

Adapun tiga gelandang yang menjadi motor serangan dan berbagi tugas di lini tengah diperkuat oleh Evan Dimas, Muhammad Hargianto, dan Zulfiandi.

Selanjutnya, tiga pemain yang dipercaya untuk mengisi lini serang ialah Ilham Udin Armaiyn, Dinan Javier, dan Muchlis Hadi Ning.

(4-3-3): Ravi Murdianto; Putu Gede, Hansamu Yama, Syahrul Kurniawan, Fathcu Rohman; Evan Dimas Darmono, Hargianto, Zulfiandi; Ilham Udin Armaiyn, Dinan Javier, Muchlis Hadi Ning;

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More