Irwan Febri Rialdi
Ronaldo Kwateh dalam laga melawan Thailand di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Hitung-hitungan timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah ditahan imbang Thailand pada laga Grup A, Rabu (6/7/2022).

Dalam pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi itu, timnas Indonesia U-19 tidak mampu membawa pulang poin penuh kontra Thailand. Bahkan, Garuda Nusantara bisa saja kalah andai kiper Cahya Supariadi tidak tampil gemilang di laga tersebut.

Timnas Indonesia U-19 kesulitan menciptakan peluang meski menghadapi Thailand di depan pendukungnya sendiri. Hal itu terjadi sepanjang babak pertama.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Piala Presiden 2022 Hari Ini: PSIS vs Arema FC dan PSS Sleman vs Borneo FC

Pesepak bola Indonesia U19 Marcell Januar Putra (kiri) mencoba menaklukkan kiper Thailand U19 Narongsak Naengwongsa (kanan) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Di babak kedua, timnas Indonesia U-19 yang kehilangan Marselino Ferdinan jelang turun minum, mulai kehilangan dominasi permainan dan berkali-kali membiarkan Thailand menciptakan peluang berbahaya.

Shin Tae-yong mengakui performa timnas Indonesia U-19 menurun pasca kehilangan Marselino Ferdinan. Dia pun menyayangkan hasil imbang tersebut.

"Saya sangat menyayangkan hasil pertandingan ini. Kami bekerja keras pada babak pertama, tetapi tak bisa memuaskan suporter dengan hasil yang baik," tutur Shin dalam konferensi pers pasca laga.

Baca Juga:
Lini Serang Timnas Indonesia U-19 Buruk, Shin Tae-yong Sampai Minta Tolong Dicarikan Striker

Sejumlah pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 menyapa penonton usai pertandingan pesepak bola Tim Nasional Thailand U-19 Chanapach Buaphan (kanan) dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). Pertandingan itu berakhir 0-0. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Hasil itu membuat posisi Garuda Nusantara di klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 kian merosot.

Kini, timnas Indonesia U-19 untuk sementara menduduki posisi empat klasemen Grup A dengan koleksi lima poin dari tiga pertandingan.

Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan baru mengumpulkan lima poin setelah cuma meraih satu kemenangan dari tiga pertandingan yang dijalani. Sementara dua sisanya berakhir imbang tanpa gol.

Baca Juga:
Tak Terima Imbang Lawan Timnas Indonesia U-19, Pelatih Thailand: Seharusnya Kami Menang!

Pada dua laga sebelumnya, timnas Indonesia U-19 ditahan imbang Vietnam tanpa gol pada 2 Juli lalu sebelum bangkit dan membungkam Brunei Darussalam 7-0, Senin (4/7/2022).

Situasi itu bikin timnas Indonesia U-19 untuk sementara berada di bawah Vietnam, Thailand dan Myanmar yang berturut-turut menduduki posisi tiga besar.

Vietnam berada di puncak klasemen dengan koleksi tujuh poin plus selisih gol +7 hasil dari imbang tanpa gol kontra Indonesia dan menang atas Filipina (4-1) dan Brunei (4-0). 

Baca Juga:
Usai Imbang Lawan Thailand, Shin Tae-yong: Kami Wajib Lolos dari Fase Grup

Sementara Thailand menduduki peringkat kedua setelah mengalahkan Filipina 1-0 di laga pembuka, menekuk Myanmar (3-0) dan ditahan imbang Indonesia (0-0) dan kini punya selisih gol +4.

Di sisi lain, Myanmar untuk sementara menduduki peringkat ketiga klasemen Grup A setelah mengumpulkan enam poin dari tiga laga dengan rincian dua kali menang dan sekali kalah.

Mereka menang 7-0 atas Brunei, kalah 0-3 dari Thailand dan kembali ke jalur kemenangan usai membekuk Filipina dengan skor 3-1 dan untuk sementara mencatatkan +6 dalam hal selisih gol.

Hitung-hitungan timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022

Meski dalam posisi tak menguntungkan di tengah ketatnya persaingan, kans timnas Indonesia U-19 untuk melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 2022 sejatinya masih cukup terbuka.

Timnas Indonesia U-19 bisa finis dua besar klasemen Grup A dengan catatan wajib menyapu bersih kemenangan di dua matchday terakhir yakni kontra Filipina U-19 dan Myanmar U-19.

Di sisi lain, tim asuhan Shin Tae-yong itu harus berharap di laga terakhir anatara timnas Vietnam U-19 vs Thailand U-19 harus melahirkan pemenang --dengan asumsi pada matchday kelima, kedua tim sama-sama mengalahkan lawannya masing-masing.

Jika laga timnas Vietnam U-19 vs Thailand U-19 berakhir imbang, timnas Indonesia U-19 masih memiliki peluang lolos dengan beberapa catatan.

Seperti skema pertama, timnas Indonesia U-19 harus menyapu bersih dua laga terakhir kontra Filipina dan Myanmar. Namun, dalam dua laga itu, Garuda Nusantara menang besar guna memiliki selisih gol lebih baik dari Vietnam dan Thailand atau salah satunya.

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menghadapi Filipina U-19 pada Jumat (8/7/2022) untuk kemudian memainkan partai pamungkas Grup A kontra Myanmar pada Minggu (10/7/2022).

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More