Rauhanda Riyantama
Potret skuat Persija Jakarta di Piala Presiden 2022. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Berikut tiga tim dengan skuat termahal di Liga 1 2022 sejauh ini seiring dengan hadirnya deretan bintang ke klub kasta teratas sepak bola Indonesia.

Kompetisi kasta teratas Indonesia saat ini, Liga 1, tengah menjalani jeda kompetisi yang dimanfaatkan untuk menjalani pramusim maupun menyiapkan skuatnya.

Para klub Liga 1 diberi wadah untuk menjalani pramusim dengan berpartisipasi di ajang Piala Presiden 2022 yang telah memasuki babak semifinal.

Baca Juga:
Kurniawan Dwi Yulianto Tiba di Markas Como 1907, Bagus Kahfi hingga Saddil Ramdani Bereaksi

Sedangkan dalam menyiapkan skuatnya, para klub Liga 1 tengah melakoni aktivitas jual beli pemain maupun bongkar pasang skuat.

Beberapa klub Liga 1 telah mendatangkan pemain-pemain yang dibutuhkan, terutama untuk pemain-pemain asingnya.

Sejauh ini, beberapa nama besar pun telah didatangkan oleh klub-klub Liga 1. Kehadiran para pemain bintang ini kemudian mendongkrak nilai pasar klub-klub Liga 1.

Baca Juga:
Profil Hanno Behrens, Pemain Asing Anyar Persija dari Bundesliga Jerman

Lantas, siapa saja klub Liga 1 yang memiliki nilai skuat termahal sejauh ini? Berikut daftarnya.

1. Persija Jakarta

Persija Jakarta berhasil menjadi klub dengan nilai skuat termahal di Liga 1 sejauh ini, dengan nilai skuat mencapai RP108,81 miliar.

Baca Juga:
Profil Razza Fachrezi, Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Panen Kritikan karena Main Buruk

Nilai ini melonjak usai klub berjuluk Macan Kemayoran itu mendatangkan tiga pemain bintang Eropa di bursa transfer saat ini.

Persija pertama kali mendatangkan Ondrej Kudela yang dilepas Slavia Praha dan disusul oleh Michael Krmencik yang tak lain kompatriot dan mantan rekan setimnya.

Teranyar, Persija mendatangkan Hanno Behrens dari Hansa Rostock dengan menebus sisa kontraknya yang tersisa satu tahun lagi.

Baca Juga:
Resmi Jadi Pemain Liverpool, Fabio Carvalho: Sulit Tolak Pinangan Klub Terbaik di Dunia

Datangnya ketiga pemain yang punya nilai pasar mahal ini lantas membuat nilai skuat Persija melonjak drastis.

2. Bali United

Bali United harus puas posisinya sebagai klub dengan nilai skuat termahal digusur Persija. Laskar Serdadu Tridatu sendiri saat ini memiliki nilai paar Rp88,65 miliar.

Besarnya nilai pasar Bali United tersebut didapat dari deretan bintangnya sepert Brwa Nouri yang menjadi salah satu pemain termahal di Liga 1 dan diikuti oleh William Pacheco.

Selain karena pemain asingnya, nilai skuat Bali United yang terbilang mahal dikarenakan banyaknya penggawa Timnas Indonesia yang membela Laskar Serdadu Tridatu.

Bali United memiliki penggawa Timnas Indonesia semacam Nadeo Argawinata dan Irfan Jaya, serta pemain lokal yang punya nilai pasar lainnya.

3. Persib Bandung

Persib Bandung menduduki tim Liga 1 ketiga dengan skuat termahal di Liga 1 sejauh ini, dengan nilai skuat mencapai Rp87,34 miliar.

Tingginya nilai skuat Persib ini juga tak lepas dari banyaknya pemain bintang di kubu Maung Bandung baik pemain lokal maupun pemain asing.

Persib sendiri memiliki pemain dengan nilai pasar mahal seperti Marc Klok, Nick Kuipers, Ciro Alves, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Selain itu, ada pula beberapa pemain yang punya nilai pasar mahal yang sebelumnya telah membela Persib seperti Febri Haryadi dan Frets Butuan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More