Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Indonesia U-19 Ronaldo Kwateh saat lawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (dok.AFF)

Bolatimes.com - 3 Alasan Ronaldo Kwateh Perlu Dicadangkan saat Timnas Indonesia U-19 Lawan Brunei Darussalam

 

Bolatimes.com – Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, perlu mencadangkan Ronaldo Kwateh saat menghadapi laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022 melawan Timor Leste.

Sebab, Ronaldo Kwateh kurang menampilkan performa maksimal saat timnas Indonesia U-19 menghadapi Vietnam pada laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kabupaten Bekasi, Sabtu (2/7/2022), Ronaldo Kwateh gagal memberikan kontribusi maksimal di lini serang.

Oleh karena itu, setidaknya ada sejumlah alasan yang membuat Shin Tae-yong perlu mengistirahatkan Ronaldo Kwateh pada laga berikutnya.

Skuad Garuda Nusantara dijadwalkan berjumpa Brunei Darussalam pada Senin (4/7/2022). Pada laga ini, ada baiknya Ronaldo Kwateh dicadangkan untuk sementara.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan Ronaldo Kwateh perlu dicadangkan saat melawan Timor Leste.

1. Terlalu Egois

Ronaldo Kwateh dinilai terlalu egois ketika timnas Indonesia U-19 menghadapi Vietnam. Bahkan, ia juga dianggap terlalu ingin menonjol sebagai striker tengah.

Akhirnya, hal itu membuatnya seringkali kehilangan momentum untuk memaksimalkan setiap peluang.  Imbasnya, tidak ada gol yang mampu lahir dari Ronaldo Kwateh.

Itu bisa menjadi salah satu alasan bagi Shin Tae-yong untuk mencadangkan Ronaldo Kwateh pada laga selanjutnya. Ini juga bisa memberikan peluang bagi pemain lainnya untuk tampil.

2. Mendapat Waktu untuk Evaluasi Permainan

Ronaldo Kwateh juga harus diistirahatkan sejenak untuk memberikan waktu baginya agar bisa mengevaluasi penampilannya pada laga melawan Vietnam.

Sebab, pemain muda berusia 17 tahun ini harus mampu berkaca pada pengalamannya tersebut dan memperbaikinya.

Jika nantinya dicadangkan, pemain Madura United ini akan memiliki waktu untuk melakukan introspeksi atas performanya yang kurang maksimal tersebut.

3. Tenaga Disimpan untuk Laga Selanjutnya

Pertandingan selanjutnya melawan Brunei Darussalam U-19 sebetulnya bukanlah laga krusial yang terlalu sulit bagi timnas Indonesia U-19.

Oleh karena itu, lebih baik Ronaldo Kwateh diistirahatkan untuk sementara agar bisa menyimpan tenaga untuk menghadapi laga berikutnya.

Pasalnya, pada pertandingan ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022, timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan yang cukup sulit, yakni Thailand.

Duel melawan Thailand tentu akan melibatkan pemain-pemain yang berkualitas, sedangkan laga versus Brunei tak demikian.

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong bisa mengistirahatkan Ronaldo Kwateh pada laga melawan Brunei Darussalam agar bisa mengembalikan performa terbaiknya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More