Rauhanda Riyantama
Aksi Ronaldo Kwateh saat Timnas Indonesia U-19 dikalahkan Venezuela 0-1 di Turnamen Toulon 2022. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Berikut daftar lima pemain Timnas Indonesia U-19 yang diprediksi bakal bersinar dan mencuri perhatian di Piala AFF U-19 2022.

Dalam hitungan jam, Piala AFF U-19 2022 akan segera bergulir, di mana Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang tahunan ini.

Ajang antar pemain muda negara-negara Asia Tenggara ini dijadwalkan akan berlangsung pada 2-15 Juli 2022 di Jakarta dan Bekasi.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022, Marselino Starter

Indonesia selaku tuan rumah, tergabung di grup A atau grup neraka, mengingat lawan yang dihadapi adalah Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar dan Brunei Darussalam.

Sedangkan untuk grup B ditempati oleh negara ASEAN lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos dan Timor Leste.

Berstatus tuan rumah, Indonesia pun menargetkan bisa menjadi juara edisi kali ini, mengulangi pencapaian mereka di Piala AFF U-19 2013 silam.

Baca Juga:
Pandang Positif Kegagalan Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2022, Robert: Bisa Fokus ke Liga 1

Pada edisi 2013 silam, Indonesia juga menjadi tuan rumah dan berhasil merengkuh gelar Piala AFF U-19 perdananya.

Oleh karenanya, untuk meraih gelar juara kembali, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 membawa 28 pemain yang menurutnya terbaik untuk Piala AFF U-19 2022.

Dari 28 pemain yang ada, banyak pihak yang memprediksi hanya ada lima pemain yang bakal bersinar dan mencuri perhatian selama perhelatan ini.

Baca Juga:
Perpanjang Kontrak di Liverpool hingga 2025, Mohamed Salah Siap Mati-matian Demi Raih Banyak Trofi

Siapa saja para pemain yang diprediksi bersinar itu?

1. Marselino Ferdinan

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan melakukan tendangan pinalti ke gawang Timnas Filipina di ajang SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU)

Marselino Ferdinan diyakini akan mengukuhkan namanya sebagai pemain muda terbaik di Asia Tenggara pada ajang Piala AFF U-19 2022 ini.

Baca Juga:
Jordi Amat Gabung JDT, Begini Komentar Mengejutkan Shin Tae-yong

Status itu diyakini bakal didapatkannya mengingat kiprahnya sejauh ini. Tercatat, pemain yang baru berusia 17 tahun itu sudah tampil di berbagai kelompok umur dan tim senior Indonesia.

Bahkan karena kiprahnya, Marselino Ferdinan mendapat predikat sebagai salah satu dari 60 pemain muda terbaik di dunia versi media Inggris, The Guardian.

2. Ronaldo Kwateh

Sama seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh juga sudah mencuri perhatian sejak lama karena kiprahnya di usia 17 tahun.

Debutan termuda sepanjang sejarah Liga 1 ini juga tercatat pernah tampil untuk tim U-23 dan tim senior Indonesia.

Di Piala AFF U-19 2022 ini, Ronaldo Kwateh juga diprediksi bisa mengukuhkan dirinya sebagai salah satu yang terbaik.

3. Hokky Caraka

Hokky Caraka saat tampil bersama Garuda Select. (Instagram/hokkycaraka_)

Selain Ronaldo Kwateh, lini serang Timnas Indonesia U-19 juga akan diisi oleh pemain muda berbakat bernama Hokky Caraka.

Hokky Caraka digadang-gadang sebagai penyerang masa depan Timnas Indonesia. Hal ini tak lepas dari kiprahnya sejauh ini.

Tercatat, penggawa PSS Sleman itu pernah menyabet gelar top skor Garuda Select yang kerap bertanding melawan tim-tim Inggris.

4. Raka Cahyana

Raka Cahyana juga diprediksi bakal bersinar, usai menancapkan statusnya sebagai salah satu yang terbaik di Toulon Cup 2022.

Pemain milik Persija Jakarta yang bisa bermain sebagai bek kanan, Wing Back kanan, dan winger kanan ini dikenal akan kecepatannya.

Selain itu, permainannya yang agresif membuat dirinya begitu disukai oleh Shin Tae-yong dan asistennya, Dzenan Radoncic.

5. Alfriyanto Nico

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Alfriyanto Nico, di Toulon Cup 2022. (Dok. PSSI)

Tak hanya Raka Cahyana saja pemain muda Persija yang bakal bersinar. Ada pula Alfriyanto Nico yang juga diyakini akan mencuri perhatian di Piala AFF U-19 2022.

Pamor Nico sendiri sudah terlihat sejak Liga 1 musim lalu, di mana ia mampu menjadi pemain andalan bagi Macan Kemayoran.

Ia dikenal sebagai winger yang cepat dan juga tajam, mengingat musim lalu di Liga 1 Nico berhasil mencetak tiga gol dalam 18 pertandingan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More