Rauhanda Riyantama
Brylian Aldama gabung Persebaya Surabaya. (Instagram/@officialpersebaya)

Bolatimes.com - Berikut tiga pemain muda Indonesia yang sempat berkarier di Eropa dan kini malah kembali berkiprah di kompetisi dalam negeri.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, banyak pendukung Timnas Indonesia menggalakkan kampanye agar para pemain lokal berkarier di luar negeri atau Abroad.

Kampanye ini dilakukan sebagai tuntutan, agar pemain-pemain Indonesia bisa mencari pengalaman di luar negeri agar bisa memberi manfaat ke tim nasional.

Baca Juga:
Bali United Disindir Fans Malaysia usai Tak Lolos Piala AFC, Sebut Sengaja Kalah

Biasanya, tuntutan ini diberikan kepada para pemain-pemain muda yang baru hendak berkarier di kancah profesional.

Banyak yang beranggapan, bahwa bermain di kompetisi lokal tak akan mengembangkan kualitas pemain, mengingat perbedaan level kompetisi dalam negeri dengan luar negeri.

Tak mengherankan jika para pendukung Timnas Indonesia terus meminta pemain muda seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan untuk terus berkarier di luar negeri.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Hadapi Dua Negara Kuat di FIFA Matchday September, Peringkat 120 Besar Dunia

Tak hanya dukungan, kekecewaan pun terlihat dari pendukung Timnas Indonesia kepada para pemain yang justru kembali ke Indonesia usai berkarier di luar negeri.

Belakangan ini, pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri dan kemudian kembali ke kompetisi lokal tengah menjadi tren.

Setidaknya ada tiga pemain muda yang di tahun ini pulang dan kembali berkarier di Indonesia selepas bermain di Eropa.

Baca Juga:
Piala Presiden 2022: Daftar 22 Peman PSS Sleman untuk Lawan Persib Bandung, Ada Striker Asing Baru

Siapa saja pemain tersebut?

1. Brylian Aldama

Brylian Aldama raih juara bareng HNK Rijeka U-19. (nk-rijeka.hr)

Brylian Aldama merupakan pemain muda Timnas Indonesia yang sempat berkarier di Eropa, tepatnya di klub Kroasia, HNK Rijeka.

Baca Juga:
3 Alasan Khuwailid Mustafa Pantas Diberi Kesempatan Tampil Bela Timnas Indonesia

Ia bergabung HNK Rijeka pada 2021 lalu, dan kemudian dipinjamkan ke NK Pomorac sepanjang musim 2021/2022 lalu.

Pada akhir musim 2021/2022, pemain berusia 20 tahun itu memilih berpisah dengan HNK Rijeka, sehingga kemudian membuatnya kembali ke Indonesia.

Tercatat, saat ini Brylian Aldama telah kembali ke Indonesia dan akan berkiprah di kancah Liga 1 musim depan bersama Persebaya Surabaya.

2. David Maulana

David Maulana jalani debut bersama NK Promac 1921. (Instagram/pomorac1921)

Sama seperti Brylian Aldama, David Maulana juga merupakan pemain muda Timnas Indonesia yang berkiprah di Kroasia bersama HNK Rijeka.

Pemain berusia 20 tahun itu pun juga menjalani masa peminjaman di tim kasta ketiga Kroasia, NK Pomorac sepanjang musim 2021/2022 lalu.

David Maulana pun juga harus merasakan petualangannya di Eropa berakhir setelah berpisah dengan HNK Rijeka pada akhir musim 2021/2022.

Kini, ia kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Bhayangkara FC untuk kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 mendatang.

3. Khairul Zakiri

Khairul Zakiri saat mengikuti sesi latihan Timnas Indonesia U-19. (Instagram/zakiri8)

Berbeda dengan Brylian Aldama dan David Maulana, Khairul Zakiri bermain di Spanyol bersama CP Villarrobledo sepanjang musim 2021/2022 lalu.

Ia dikontrak oleh tim kasta kelima Spanyol itu pada Juli 2021. Sebelumnya, ia sempat menimba ilmu di negeri Matador, tepatnya di Gimnastica Ceuta U-19.

Setelah menjalani satu musim penuh bersama CP Villarrobledo, kini pemain berusia 20 tahun itu pulang ke Indonesia.

Tercatat, dirinya akan berkiprah di Liga 1 2022/2023 mendatang usai dirinya dikontrak oleh Persita Tangerang pada awal Juni 2022 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More