Rauhanda Riyantama
Selebrasi Jajang Mulyana usai mencetak gol ke gawang Kaya FC Iloilo. (Dok. Bali United)

Bolatimes.com - Rekap hasil Piala AFC 2022 setelah merampungkan laga terakhir, Kamis (30/6/2022). Dua wakil Indonesia, Bali United dan PSM Makassar mendapat hasil berbeda.

PSM Makassar yang tergabung di Grup H Piala AFC 2022 dipastikan lolos ke babak semifinal zona ASEAN setelah mengakhiri fase grup sebagai pemuncak klasemen.

PSM Makassar memuncaki klasemen setelah mengoleksi empat poin dari dua pertandingan dengan rincian satu kemenangan atas Tampines Rovers (3-1) serta imbang tanpa gol kontra tuan rumah Kuala Lumpur City.

Baca Juga:
1.100 Karya Masuk di Sayembara Desain Training Ground Arema FC, Presiden Arema FC: Kreativitas Anak Indonesia Luar Biasa

Klub yang disebutkan terakhir juga berhasil lolos ke semifinal Piala AFC 2022 zona ASEAN berkat kemenangan atas Tampines Rovers di laga terakhirnya.

Kemenangan 2-1 atas wakil Singapura membuat Kuala Lumpur City turut mengoleksi empat poin seperti PSM Makassar. Namun, mereka harus puas duduk di tempat kedua karena kalah jumlah selisih gol.

Kuala Lumpur City lolos dengan status runner-up terbaik dari fase grup zona ASEAN, mengalahkan Visakha FC selaku runner-up Grup G dan Hougang selaku runner-up Grup I.

Baca Juga:
Hasil Piala AFC 2022: Bali United Bungkam Klub Filipina, tapi Belum Tentu Lolos ke Semifinal Zona ASEAN

Sebagaimana diketahui, perbedaan jumlah peserta tim di ketiga grup, di mana Grup H cuma diisi tiga klub alih-alih empat, membuat AFC menyematkan aturan baru.

Aturannya adalah, hasil di laga kontra penghuni dasar klasemen Grup G dan I tidak dianggap. Visakha FC yang kalah 1-5 dari Kedah FC di laga terakhirnya hanya mengoleksi enam poin.

Jumlah poin itu jelas kalah dari Kuala Lumpur City FC. Sebelum dipermalukan Kedah FC, Visakha FC mengalahkan Kaya FC dan Bali United. Namun, poin kontra Kaya FC yang menghuni dasar klasemen tidak dihitung sehingga wakil Kamboja itu cuma mengakhiri fase grup dengan koleksi tiga poin.

Baca Juga:
Ingin Punya Jersey Ori Timnas Indonesia Terbaru? Berikut Harganya

Hal yang sama berlaku untuk Hougang di Grup I. Kekalahan dari Viettel di matchday terakhir membuat perolehan poin mereka tak berubah alias cuma enam hasil dua kemenangan atas Phnom Penh Crown dan Young Elephant.

Namun, poin kemenangan dari laga kontra Young Elephant tidak dianggap lantaran tim yang disebutkan terakhir itu adalah penghuni dasar klasemen Grup I.

Sementara Bali United sudah dipastikan tidak lolos ke fase gugur lantaran cuma mengakhiri babak penyisihan di peringkat ketiga Grup G kendati di laga terakhirnya menang 1-0 atas Kaya FC.

Baca Juga:
Arema FC Antusias Sambut Rencana Bergulirnya Piala Indonesia 2022/2023

Dalam hitung-hitungan Grup G, Bali United memang mengoleksi enam poin seperti Kedah FC dan Vikasha FC. Namun, mereka kalah jumlah selisih gol hingga harus puas berada di peringkat ketiga.

Berikut klasemen akhir Piala AFC 2022:

Link klasemen akhir Piala AFC 2022

Berikut klasemen Grup G dan H Piala AFC 2022:

Grup G

1. Kedah Darul Aman FC
Poin: 6
Selisih Gol: 5

2. Visakha FC
Poin :6
Selisih Gol: 0

3. Bali United
Poin: 6
Selisih Gol: 0

4. Kaya FC
Poin: 0
Selisih Gol: -5

Grup H 

1. PSM Makassar
Poin: 4
Selisih Gol: 2

2. Kuala Lumpur City FC
Poin: 4
Selisih Gol: 1

3. Tampines Rovers
Poin: 0
Selisih Gol: -3

(Arief Apriadi)

Load More