Husna Rahmayunita
Kaya FC Iloilo di Piala AFC 2022. (Instagram/@kayafc)

Bolatimes.com - Wakil Filipina, Kaya FC Iloilo, akan menjadi lawan terakhir yang dihadapi Bali United pada fase penyisihan Grup G Piala AFC 2022.

Menurut jadwal, pertandingan antara Bali United melawan Kaya FC Iloilo akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (30/6/2022) pukul 16.00 WIB.

Saat ini, Kaya FC Iloilo sudah dipastikan gugur dari persaingan untuk merebut tiket lolos ke fase semifinal zonal ASEAN Piala AFC 2022. 

Sebab, kontestan asal Filipina itu sudah dua kali menelan kekalahan secara beruntun, yakni ketika dihajar Visakha FC (1-2) dan Kedah Darul Aman (1-4).

Dengan hasil ini, Kaya FC Iloilo harus puas tersungkur di dasar klasemen sementara Grup G Piala AFC 2022 karena tak mengoleksi poin.

Ini menjadi catatan terburuk bagi Kaya FC Iloilo selama mewakili Filipina di pentas Asia. Sebab, mereka sebelumnya punya catatan yang apik saat tampil di Piala AFC.

Setidaknya, Kaya FC Iloilo sudah menjadi salah satu langganan Piala AFC sejak pertama kali lolos pada tahun 2016.

Profil Kaya FC Iloilo

Kaya FC Iloilo merupakan klub sepak bola yang berbasis di Iloilo City. Saat ini, tim berjulukan The Lions itu bersaing di kasta tertinggi Liga Filipina. 

Klub ini awalnya bernama Kaya Futbol Club yang berbasis di Makati. Klub yang juga dikenal dengan Una Kaya FC ini merupakan salah satu pendiri United Football League (UFL), yang secara de facto menjadi kompetisi tertinggi di Filipina pada masa itu.

Setelah berkompetisi di UFL selama rentang tahun 2010 hingga 2016, Klub ini kemudian mengubah namanya menjadi Kaya FC untuk berkompetisi di PFL, kompetisi resmi di Filipina saat ini.

Setelah sebelumnya berbasis di Mekati, Kaya FC kemudian menggeser domisilinya ke Kota Iloilo dan mengubah namanya menjadi Kaya FC Iloilo.

Selama beberapa musim terakhir, Kaya FC Iloilo merupakan salah satu klub sepak bola papan atas yang memiliki kiprah cukup mentereng di kasta tertinggi Liga Filipina.

Sebab, klub yang baru dibentuk pada 1996 ini mampu melesat di Philippines Football League (FPL) yang menjadi kompetisi kasta tertinggi di Filipina.

Setidaknya, mereka menjadi tiga kali runner-up secara beruntun pada FPL musim 2018, 2019, dan 2020. Pada 2018 dan 2019, mereka kalah bersaing dengan Ceres-Negros.

Adapun pada edisi 2020, Kaya FC Iloilo harus kembali gigit jari karena gagal merebut gelar juara. Sebab, mereka harus kalah bersaing dengan United FC.

Selain catatan itu, Kaya FC Iloilo juga telah menjuarai satu gelar UFL Cup, dua Copa Paulino Alcantara, dan juga cukup sering tampil di Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Sebagai catatan, Kaya FC memang sudah tampil di kejuaraan antarklub Asia sejak tahun 2016. Mereka mulai tampil di AFC pada edisi 2016, 2019, 2020, dan 2022.

Sebetulnya, Kaya FC juga berkesempatan untuk bersaing di Liga Champions Asia pada 2021. Namun, mereka harus mengakhiri persaingan sebagai juru kunci Grup F karena tak mampu meraih kemenangan.

Lawan-lawan yang dihadapi Kaya FC memang cukup berat saat itu. Sebab, mereka harus menantang BG Pathum United (Thailand), Viettel FC (Vietnam), dan Ulsan Hyundai (Korea Selatan).

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More