Irwan Febri Rialdi
Pelatih Bali United FC Stefano Cugurra menjawab pertanyaan jurnalis saat jumpa pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (24/6/2022) usai pertandingan antara Bali United melawan Kedah Darul Aman FC. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Bolatimes.com - Pelatih Bali United FC, Stefano Cugurra alias Teco, menyoroti kondisi fisik anak asuhnya menjelang laga terakhir babak penyisihan Grup G Piala AFC 2022 melawan kesebelasan asal Filipina Kaya FC Iloilo, Kamis (30/6/2022).

Teco mengatakan evaluasi itu penting agar Bali United tidak mengulang permainan buruk yang berujung pada kekalahan telak 2-5 saat melawan wakil dari Kamboja Visakha FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (27/6/2022).

“Dalam waktu 7 hari, kami bertanding tiga kali. Tentu saja kami harus mencari pemain yang lebih fit untuk bermain, dan mereka yang tidak punya kualitas itu, tidak menunjukkan fisik yang baik, mereka tidak dapat bermain,” kata Teco saat jumpa pers selepas pertandingan Bali United versus Visakha FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat malam (27/6).

Bali United harus menang saat laga terakhir melawan Kaya FC Iloilo sehingga dapat memperbesar peluang lolos babak penyisihan grup di Piala AFC 2022.

Teco menjelaskan kondisi pemain Serdadu Tridatu, julukan Bali United FC, jauh berbeda antara laga perdana saat melawan Kedah FC dan laga kedua melawan Visakha FC.

“Waktu kami main melawan Kedah, (pemain) lebih fresh, kami main bagus,” kata Teco seperti dimuat Antara.

Namun saat melawan Visakha, pelatih Bali United mengakui kondisi fisik tim asuhannya tidak dalam kondisi prima sehingga itu berpengaruh pada performa tim.

“Kami bermain buruk, dan pertandingan ini jadi yang terburuk selama di Bali. Kami kehilangan organisasi (kontrol, red.) selama pertandingan sehingga mereka dapat mencetak banyak gol,” kata Pelatih Bali United.

Kekalahan itu membuat Bali United tergeser dari puncak Grup G ke urutan kedua. Namun, selepas kemenangan Kedah FC melawan Kaya FC Iloilo dengan skor 4-1, Senin, posisi Bali United semakin tidak aman.

Pasalnya, Kedah FC dan Bali United sejauh ini sama-sama mengoleksi tiga poin, tetapi Kedah unggul dalam selisih gol.

“Tidak mudah buat lolos dari grup, tapi kami masih punya satu pertandingan,” kata Stefano Cugurra.

Oleh karena itu, Teco mengatakan pihaknya tetap berpikir positif dan optimis timnya bakal memberi hasil terbaik pada laga terakhir melawan Kaya FC Iloilo.

“Kami kebobolan banyak, tetapi masih ada kesempatan buat lolos. Kami harus kerja keras di pertandingan terakhir,” kata Teco.

Load More