Husna Rahmayunita
Timnas Vietnam U-19. (dok.VFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi sejumlah pemain muda berkualitas saat bersaing pada fase penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Setidaknya, masing-masing kontestan yang akan dihadapi timnas Indonesia U-19 di Grup A Piala AFF U-19 2022 memiliki pemain yang mumpuni.

Grup A Piala AFF U-19 2022 akan menjadi salah satu grup yang menghadirkan persaingan ketat, bahkan layak disebut sebagai grup neraka. Pasalnya ada beberapa tim kuat yang akan bersaing dengan timnas Indonesia U-19.

Sebagai tuan rumah, timnas Indonesia U-19 akan bersaing melawan Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Setidaknya, ada satu pemain dari masing-masing tim yang patut diantisipasi oleh tim asuhan Shin Tae-yong saat menghadapi persaingan Grup A.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat pemain berkualitas yang berpotensi menyulitkan timnas Indonesia U-19 di persaingan Grup A Piala AFF U-19 2022.

1. Eddy Sharol Izzat Omar (Brunei Darussalam)

Kapten Timnas Brunei Darussalam U-19, Eddy Shahrol Izzat Omar. (Twitter/bruneifootball)

Eddy Omar Izzat Omar merupakan salah satu pemain muda di skuad timnas Brunei Darussalam U-19 yang telah mencuri perhatian sejak usia muda.

Pasalnya, Eddy Omar sudah tampil di tim nasional sejak di kelompok U-15. Saat itu, ia tampil bersama Brunei Darussalam U-15 di ajang Piala AFF U-15 2017 yang berlangsung di Kamboja.

Pemain yang kini berstatus sebagai kapten timnas Brunei Darussalam U-19 di Piala AFF U-19 2022 itu memang sudah menjadi tulang punggung tim nasional karena kemampuannya yang di atas rata-rata.

2. Cyrelle Saut (Filipina)

Di skuad timnas Filipina U-19, salah satu nama yang patut mendapatkan catatan khusus ialah Cyrelle Saut. Namun, memang tak banyak informasi yang bisa digali dari sosok pemain ini.

Setidaknya, kehebatan Cyrelle Saut sudah terbukti saat dirinya melesakkan dua gol pada laga melawan Guam dengan skor 4-1.

Sementara pada uji coba kedua, dia juga sukses membawa Filipina menghajar Guam dengan skor 4-1 Sosok pemain ini disinyalir memiliki ketajaman dalam melakukan penyelesaian akhir.

3. Nguyen van Truong (Vietnam)

Pemain Timnas Vietnam U-19 Nguyen van Truong (kiri). (Facebook/changsuek)

Untuk kekuatan timnas Vietnam U-19, salah satu pemain yang layak mendapatkan antisipasi khusus ialah Nguyen van Truong.

Pasalnya, pemain berusia 18 tahun ini memiliki akurasi tembakan dan kemampuan mencari ruang yang mumpuni. Bahkan, dia juga sempat dipromosikan ke timnas Vietnam U-23.

Di level klub, pemain ini bermain untuk Hanoi FC. Timnas Indonesia U-19 jelas harus mewaspadai pergerakan Nguyen van Truong.

4. Thanawut Phochai (Thailand)

Meskipun usianya baru menginjak 16 tahun, tetapi Thanawut Phochai patut mendapatkan pengawalan khusus. Dia adalah penyerang tajam di skuad timnas Thailand U-19 saat ini.

Pada laga uji coba terakhir sebelum Piala AFF U-19 2022, dia sempat melesakkan dua gol. Posturnya memang hanya 175 cm.

Namun demikian, barisan pertahanan timnas Indonesia U-19 tetap saja harus mewaspadai sosok pemain ini.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More