Husna Rahmayunita
Foto udara Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/10). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

Bolatimes.com - Stadion Patriot Candrabhaga terpilih menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2023. FIFA resmi mengumumkan Piala Dunia U-20 resmi bergulir di Indonesia pada tahun 2023, dari 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Indonesia sendiri sejak lama telah terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tercatat, Tanah Air didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan pada 2019 lalu.

Indonesia berhasil menjadi tuan rumah mengalahkan negara-negara lainnya yang mengajukan diri seperti Brasil dan juga Peru.

Sedianya, ajang bergengsi antar pemain-pemain muda dari seluruh dunia ini digelar di Indonesia pada tahun 2021 lalu.

Namun akibat adanya pandemi Covid-19, FIFA pun memutuskan ajang ini diundur hingga 2023, di mana Indonesia tetap menjadi tuan rumah.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Nah, salah satu venue yang bakal menggelar ajang ini adalah Stadion Patriot Candrabhaga.

Lantas, seperti apa sejarah dari stadion yang terletak di kota Bekasi, Jawa Barat, ini? Berikut ulasannya.

Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Profil Stadion Patriot Candrabhaga

Stadion Candrabhaga merupakan stadion yang berlokasi di Kota Bekasi, stadion ini memiliki banyak fungsi namun sering digunakan dalam ajang pertandingan sepak bola.

Stadion ini termasuk ke dalam salah satu stadion tertua di Indonesia. Dibangun pada tahun 1980 untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat IV tahun 1984 dengan kapasitas 5.000 sampai 10.000 penonton.

Pada tahun 2012, stadion ini direnovasi menjadi stadion bertaraf internasional yang berkapasitas 30,000 dan diresmikan pada 11 Maret 2014.

Sebelum di renovasi stadion ini bernama Stadion Bekasi. Namanya lalu berubah menjadi Stadion Patriot Candrabhaga yang artinya Patriot sebagai julukan kota Bekasi dan Candrabhaga punya arti Candra 'ibarat bulan dan Bhaga 'bahagia'.

Setelah direnovasi, stadion ini menggelar berbagai ajang nasional hingga internasional. Di kancah lokal, stadion ini menggelar pertandingan Liga 2 hingga Liga 1.

Bahkan Stadion Patriot Candrabhaga menjadi home base sementara oleh Persija Jakarta untuk mengarungi Liga 1 2022/23.

Di ajang internasional, Stadion Patriot Candrabhaga pernah menjadi venue pertandingan uji coba FIFA hingga kejuaraan berskala Asia seperti Asian Games 2018.

Load More