Rauhanda Riyantama
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 sempat diklaim melahirkan generasi emas sepak bola Tanah Air usai menjuarai Piala AFF 2013, namun seiring waktu berlalu para pemain seolah lenyap dari dunia kulit bundar.

Banyak para pemain alumni timnas Indonesia U-19 yang kini tak terdengar kabarnya, hanya Evan Dimas yang diketahui masih bermain di kasta tertinggi sepak bola Tanah Air.

Lantas bagaimana dengan kabar pemain lainnya? DIlansir dari berbagai sumber, berikut ini deretan kondisi terkini para pemain alumni timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:
Lepas Satu Bek Asing, Kabar JDT Datangkan Jordi Amat Menguat

1. Ravi Murdianto (Kiper)

Penjaga gawang Tira Persikabo, Ravi Murdianto. (Instagram/avimurdianto95)

Nama Ravi Murdianto pernah terbang tinggi di dunia sepak bola Indonesia sebelum kemunculan Nadeo Argawinata di bawah komando Shin Tase-yong.

Memiliki postur sempurna dengan refleks luar biasa dan sangat mendukung ketika laga berlanjut ke adu penalti, Ravi juga yang menjadi faktor penentu.

Baca Juga:
Jadwal Piala Presiden 2022 Hari Ini: PSS Sleman vs Dewa United, Persis Solo vs Persita Tangerang

Saat timnas Indonesia memetik kemenangan atas Vietnam di final Piala AFF U-19 2013, namun kariernya setelah itu seolah meredup.

Sempat bermain untuk Mitra Kukar, Madura United dan PS Tira saat ini Ravi bermain utnuk Persikab Kabupaten Bandung di Liga 2 sembari menjalankan kewajiban sebagai anggota kepolisian Militer TNI-AD.

2. Putu Gede Juni Antara

Baca Juga:
Jadwal Piala AFC 2022 Hari Ini: Visakha FC vs Bali United, Tampines Rovers vs PSM Makassar

Usianya kini menginjak 27 tahun, I Putu Gede Juni Antara masih bertahan bermain untuk Bhayangkara FC dengan statusnya sebagai Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Anggota berpangkat Brigadir Dua, berposisi sebagai bek kanan dan memiliki 9 caps untuk tim nasional meski sudah dilakukan lama sekali.

3. Hansamu Yama Pranata

Baca Juga:
Bos Chelsea Gelar Pertemuan dengan Agen Cristiano Ronaldo, Kode Segera Gabung

Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata terjatuh usai ditekel pemain Thailand pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Hansamu Yama sebenarnya masih jadi andalan timnas Indonesia di bawah asuhan Simon McMenemy, namun seiring kedatangan Shin Tae-yong keberadaannya mulai tergusur.

Nama Hansamu masih eksis di Liga 1, musim lalu ia bermain untuk Bhayangkara FC kemudian kini bermain untuk Persija Jakarta.

4. Sahrul Gunawan

Duetnya bersama Hansamu Yama menjadikan timnas Indonesia memiliki benteng kokoh, sempat bermain untuk Bhayangkara FC di Liga 1.

Kemudian bermain untuk PSS Sleman dan Persiba Balikpapan, setelahnya keberadaan Sahrul di dunia sepak bola Indonesia lenyap.

Sahrul lebih memilih fokus pada karier sebagai anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

5. Muhammad Fatchurochman

Fatchurochman masih aktif bermain, namun sejak masuk dalam skuat timnas Indonesia U-19 ia tak lagi dipanggil memperkuat timnas senior maupun U-23.

Meski begitu karier sepak bolanya di level klub hanya berkutat di Bhayangkara FC, yang bergonta-ganti markas mulai dari Bekasi, Jakarta, Surabaya, Sidoarjo hingga Solo.

6. Evan Dimas Darmono

Pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono saat melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)

Evan Dimas di era Indra Sjafri bak seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta karena kemampuannya sebagai gelandang serta masih bermain hingga saat ini.

Sosoknya masih menjadi andalan timnas Indonesia era Shin Tase-yong, namun seiring itu tempatnya perlahan hilang dan terganti pemain lain.

7. Muhammad Hargianto

Hargianto memilih menjadi Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) seiring berakhirnya timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri.

Kini ia sudah berpangkat Brigadir Dua dan sejak 2014 bermain untuk Bhayangkara FC, sempat dipinjamkan ke Persija Jakarta sebelum kembali membela The Guardian.

8. Zulfiandi

Pemain timnas Indonesia Zulfiandi Zulfiandi (depan) di bayangi pemain Hong Kong, Ka Wai Lam pada penyisihan Grup A cabang Sepak Bola Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Bekasi Jawa Barat,Senin (20/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Ary Kristianto)

Pernah bermain di timnas senior pada September 2018 dan berlaga di Piala AFF 2018, setahun kemudian ia bermain di SEA Games 2019.

Saat ini Zulfiandi masih bermain di Liga 1 bersama Madura United, sempat bermain untuk Sriwijaya FC dan jadi bagian skuat juara Bhayangkara FC di Liga 1 2017.

9. Dinan Javier

Menjadi salah satu pemain timnas U-19 Indonesia alumni Deportivo Indonesia di Uruguay, namun kariernya semakin meredup usai membela timnas senior.

Ia sempat bermain untuk beberapa klub papan atas Liga 1, seperti Bhayangkara FC, Borneo FC dan Mitra Kukar pada jamannya.

Usut punya usut, Dinan Javier sudah tak aktif di dunia sepak bola dan memilih banting stir menjadi pengusaha restoran.

10. Muchlis Hadi

Muchlis menjadi salah satu pemain terproduktif di timnas Indinesia U-19 selama gelaran Piala AFF U-19 2013, jumlah golnya hanya selisih satu dengan Evan Dimas.

Usai Piala AFF U-19 2013 berakhir, karier Muchlis berlanjut ke level klub dan membela PSM Makassar, sempat bermain untuk Bhayangkara FC, Semen Padang dan Persib Bandung.

Sebelum akhirnya bermain untuk Bandung United di Liga 2 2019, hingga kini tak terdengar lagi kabarnya.

11. Ilham Udin Armaiyn

Pemain baru Arema FC, Ilham Udin Armaiyn. (Instagram/aremafcofficial)

Sempat bermain untuk PSM Makassar, karier Ilham Udin sempat mencapai luar negeri tepatnya bersama Selangor FC di Liga Malaysia.

Selain itu Ilham juga sempat bermain untuk beberapa klub top Liga 1, seperti Bhayangkara FC dan Barito Putera. Kini ia bermain untuk Arema FC.

Kontributor: Eko Isdiyanto
Load More