Rauhanda Riyantama
Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain yang harganya melonjak drastis pasca mengantarkan Timnas Indonesia melangkah ke putaran final Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia belum lama ini memastikan satu tempat di kompetisi bergengsi bertajuk Piala Asia 2023.

Keberhasilan Timnas Indonesia merebut satu tiket ke putaran final ajang empat tahunan itu ditentukan usai menjadi Runner Up grup A.

Baca Juga:
PSSI Siap Akomodir Timnas Israel jika Lolos ke Piala Dunia U-20 2023

Tergabung bersama Kuwait, Yordania dan Nepal, tim arahan Shin Tae-yong ini merebut satu tiket via lima Runner Up grup terbaik.

Timnas Indonesia menjadi salah satu Runner Up grup terbaik usai mengantongi dua kemenangan, yakni menang atas Kuwait dan Nepal, dan satu kekalahan dengan koleksi memasukkan 9 gol dan kebobolan 2 gol.

Keberhasilan melangkah ke putaran final Piala Asia ini menjadi kali pertama bagi Timnas Indonesia sejak terakhir kali berpartisipasi di ajang itu pada 2007 silam.

Baca Juga:
Siap Kalahkan Kuala Lumpur City, PSM Makassar Ingin Harumkan Nama Indonesia

Kesuksesan menembus putaran final Piala Asia 2023 ini tak lepas dari kerja keras Shin Tae-yong beserta para anak asuhnya.

Berkat penampilan heroik para penggawanya itu, Timnas Indonesia pun akhirnya bisa kembali mentas di ajang sekelas Piala Asia 2023.

Karena keberhasilan ini, nilai pasar sederet penggawa Timnas Indonesia pun langsung naik berkat aksi heroiknya selama babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Tiba di Indonesia, Ronaldinho Disambut Bos Rans Nusantara FC

Kira-kira, siapa saja penggawa Timnas Indonesia yang nilai pasarnya naik? Berikut daftarnya.

1. Marc Klok

Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok saat melakukan tendangan penalti ke gawang Kuwait dalam laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022). (ANTARA FOTO/Humas PSSI)

Marc Klok menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi di Timnas Indonesia pasca Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu.

Baca Juga:
Jadwal Kick Off Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Jadi Tuan Rumah

Saat ini, penggawa Persib Bandung itu memiliki nilai pasar setara Rp7,82 miliar. Tingginya nilai ini tak lepas dari penampilan impresifnya.

Penampilan impresif ini tak hanya ditentukan berkat kiprahnya di Timnas Indonesia, melainkan juga saat membela klubnya, yakni Persib Bandung.

2. Stefano Lilipaly

Pemain dengan nilai pasar tertinggi kedua di Timnas Indonesia adalah Stefano Lilipaly, dengan nilai pasar mencapai Rp6,08 miliar.

Nilai pasar setinggi ini didapatkan karena kembali naiknya pamor Stefano Lilipaly yang kembali dipanggil Timnas Indonesia.

Selain itu, pemain berusia 32 tahun ini juga baru saja memiliki klub baru, yakni Borneo FC dan dikontrak dengan durasi dua tahun.

3. Asnawi Mangkualam

Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Tak ada yang menyangsikan performa Asnawi Mangkualam bersama Timnas Indonesia. Nama besarnya saja sudah cukup membuat nilai pasarnya menjadi salah satu yang tertinggi.

Saat ini, pemain berusia 22 tahun itu menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi ketiga di Timnas Indonesia pasca Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan harga Rp5,65 miliar.

Nilai ini mencerminkan kualitas Asnawi sebagai salah satu pemain muda berbakat yang kenyang pengalaman di level internasional.

4. Pratama Arhan

Sama seperti Asnawi, Pratama  Arhan juga merupakan pemain dengan nilai pasar tertinggi di Timnas Indonesia, dengan harga Rp5,65 miliar.

Pemain yang baru berusia 20 tahun ini dinilai sebagai salah satu aset terbaik Indonesia karena kiprahnya yang moncer bersama Timnas Indonesia.

Kepindahannya ke Tokyo Verdy dan permainan apiknya bersama Timnas Indonesia di berbagai ajang, membuat nilai pasar Pratama Arhan pun terbilang cukup tinggi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More