Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Israel U-19. (Instagram/@israel_football_association)

Bolatimes.com - Timnas Israel berpeluang lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Kabar ini jadi perhatian khusus mengingat tak ada hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel.

Selain itu, Israel cukup sensitif di Indonesia. Banyak yang menentang mereka terkait aksi kepada Palestina.

Terkait hal ini, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan jaminan keamanan untuk Timnas Israel jika memang nanti lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Siap Kalahkan Kuala Lumpur City, PSM Makassar Ingin Harumkan Nama Indonesia

Menpora Zainudin Amali menyebut terkait kemungkinan hadirnya Israel tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Menurutnya, olahraga tidak bisa dikaitkan dengan politik.

"Olahraga tidak ada urusan dengan politik. Itu FIFA sudah menyampaikan siapa yang lolos harus bisa main," kata Amali kepada awak media, Kamis (23/6/2022).

"Pihak keamanan kita sudah bisa mengamankan itu, enggak ada hal yang perlu dikhawatirkan," terangnya.

Baca Juga:
Tiba di Indonesia, Ronaldinho Disambut Bos Rans Nusantara FC

Terkait hal ini, Amali mengaku sudah pernah ada bahasan pada 2019 ketika seharusnya Piala Dunia U-20 berlangsung pada 2021. Sayang, ajang tersebut ditunda ke 2023 karena pandemi Covid-19.

Amali mengaku siapapun yang lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 dipastikan bisa bertanding termasuk Timnas Israel.

"Ya dia tetap bisa datang bermain dan itu sudah kami bahas dari 2019, semua negara yang lolos menjadi peserta kami akan persilakan bermain," pungkasnya.

Baca Juga:
Jadwal Kick Off Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Jadi Tuan Rumah

Sekedar informasi, saat ini Israel adalah runner-up Grup B Piala Eropa U-20 2022, di mana ajang tersebut sekaligus menjadi Kualifikasi menuju Piala Dunia U-20 2023. Israel sudah mengumpulkan empat poin dari dua pertandingan.

Mereka masih akan menjalani pertandingan penentuan melawan Inggris. Menariknya, andai kalah Israel masih berpeluang lolos.

Namun, dengan catatan di pertandingan lain Serbia imbang atau kalah dari Austria. Bila Serbia menang dan Israel kalah dari Inggris, poin keduanya sama-sama empat sehingga posisi runner-up ditentukan oleh produktivitas gol.

Baca Juga:
Tuai Hasil Positif saat TC di Australia, Timnas Basket Indonesia Siap Tempur di FIBA Asia Cup 2022

Seandainya Israel tidak jadi runner-up Grup B, mereka masih punya kans tampil lewat jalur play-off. Pertandingan ini akan diperebutkan tim peringkat ketiga Grup A dan Grup B.

Load More