Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut ini adalah deretan tim yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah dari ajang ini yang rencananya bergulir pada Mei hingga Juni 2023. Indonesia ditunjuk oleh FIFA pada 2019 lalu.

Pada awalnya, Piala Dunia U-20 dijadwalkan bergulir pada 2021, namun pandemi Covid-19 yang menghantam memaksa perhelatan ini ditunda.

Nah, sebagai tuan rumah Indonesia dipastikan mengisi satu slot dari 24 slot negara peserta yang diberikan kepada enam konfederasi FIFA.

Sejauh ini babak kualifikasi sudah diselenggarakan oleh berbagai konfederasi. Untuk zona Eropa, akan ada lima slot yang dibagikan. Jumlah ini sama dengan jatah yang didapatkan zona Asia, di mana salah satunya sudah dipegang Indonesia selaku tuan rumah.

Lalu, untuk zona Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF), Amerika Selatan (CONMEBOL), dan Afrika akan mendapat masing-masing empat slot di putaran final.

Adapun dua slot tersisa nantinya akan diperebutkan oleh zona Oseania yang babak kualifikasinya baru akan digelar pada bulan Agustus 2022 nanti.

Lantas, siapa saja negara yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023? Berikut ulasannya!

1. Indonesia

Sebagai tuan rumah, Indonesia mendapat kehormatan untuk mengisi satu slot di Piala Dunia U-20 tahun depan. Ini bakal menjadi kali kedua Indonesia tampil di ajang tersebut.

Ini merupakan kali pertama sejak 1978. Saat itu, timnas Indonesia U-19 langsung kandas di babak 8 besar karena kalah 0-2 dari Korea Utara.

2. Tiga Negara Eropa

Tiga tim besar Eropa juga sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 tahun depan. Mereka adalah Italia, Prancis, Inggris yang lolos melalui Piala Eropa U-19 2022. 

Italia dan Prancis telah dipastikan lolos usai meraih dua kemenangan di babak kualifikasi yang telah digelar pada 18 Juni hingga 1 Juli 2022 lewat ajang Euro U-19 2022.

Italia dan Prancis yang tergabung di grup A bersama Rumania dan Slovakia, berhasil merebut poin maksimal di dua laga.

Karena hanya juara dan runner up grup yang berhak lolos, Italia dan Prancis pun berhak lolos karena poinnya tak bisa dikejar oleh Rumania dan Slovakia yang belum mendapatkan satu poin pun dari dua pertandingan yang dilakoni.

Italia dan Prancis sama-sama untuk kali kedelapan lolos ke Piala Dunia U-20. Prestasi terbaik Italia adalah peringkat ketiga pada edisi 2017, sedangkan Prancis berstatus juara pada 2013. 

Sementara Inggris lolos ke Piala Dunia U-20 2023 setelah memuncaki Grup B Euro U-19 2022. Ini merupakan kali ke-12 bagi Inggris untuk lolos ke ajang Piala Dunia U-20 dan menjadi juara pada 2017.

Daftar Tim Lolos Piala Dunia U-20 2023

1. Indonesia (tuan rumah)

2. Italia

3. Prancis

4. Inggris

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More