Irwan Febri Rialdi
Striker keturunan Timnas Indonesia U-19, Jim Croque. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sesi latihan timnas Indonesia U-19 untuk persiapan Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Jakarta ternyata diikuti tiga pemain keturunan.

Tiga pemain keturunan yang ikut berlatih bersama timnas Indonesia U-19 di TC persiapan Piala AFF U-19 2022 itu ialah Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel.

Sebetulnya, menarik untuk melihat kiprah ketiga pemain keturunan timnas Indonesia U-19 ini di ajang Piala AFF U-19 2022 mendatang.

Namun, sepertinya mereka tidak akan tampil. Sebab, pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong, hanya ingin melihat ketiganya layak tampil bersama timnas U-20 pada Piala Dunia U-20 2023

Sehingga, setelah ketiga pemain keturunan ini ikut berlatih bersama timnas U-19 di pemusatan latihan di Jakarta, mereka langsung akan kembali ke Belanda.

“Tiga pemain keturunan ini tidak akan main di Piala AFF U-19 2022,” kata Media Officer PSSI, Bandung Saputra.

“Mereka datang untuk memenuhi panggilan pelatih Shin tae-yong. Mereka juga belum WNI, sehingga tidak bisa tampil,” lanjutnya.

Kalaupun ketiga pemain keturunan ini tampil, maka setidaknya formasi timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 akan mengalami perubahan.

Dengan acuan penampilan timnas U-19 di Turnamen Toulon 2022, maka komposisi pemain bertahan timnas U-19 bakal berganti wajah.

Biasanya, empat pemain yang dipasang di sektor pertahanan ialah Raka Cahyana (RB), Muhammad Ferrari (CB), Ahmad Rusadi (CB), dan Edgard Amping (LB).

Maka, Kai Boham akan mengganti posisi Ahmad Rusadi sebagai bek tengah, sedangkan Edgard Amping yang bermain di pos bek kiri akan digeser oleh Max Christoffel.

Sementara itu, tiga gelandang yang akan mengisi lini tengah ialah Dimas Juliono Pamungkas, Arkhan Fikri, dan Muhammad Rafli Asrul. Posisi ini tidak mengalami perubahan karena tak ada pemain keturunan.

Adapun Jim Croque yang berposisi sebagai penyerang tengah akan menggeser striker muda PSS Sleman, Hokky Caraka, yang biasa tampil reguler di posisi ini.

Jim Croque yang bermain di posisi sembilan akan diapit dua penyerang sayap, yakni Alfriyanto Nico dan Ronaldo Joybera Kwateh.

Berikut Formasi Timnas Indonesia U-19 Bersama 3 Pemain Keturunan

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Cahya Supriadi; Raka Cahyana, Muhammad Ferarri, Kai Boham, Max Christoffel; Dimas Juliono Pamungkas, Arkhan Fikri, Muhammad Rafli Asrul; Alfriyanto Nico, Jim Croque, Ronaldo Kwateh.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More