Irwan Febri Rialdi
Selebrasi para pemain Persib Bandung usai David da Silva cetak gol ke gawang Persiraja. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Persib Bandung memastikan satu tempat ke perempat final Piala Presiden 2022 setelah mengalahkan Bhayangkara FC 1-0 pada pertandingan terakhir Grup C yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa malam.

Perolehan tiga poin dalam pertandingan tersebut membawa Persib Bandung menjadi juara Grup C untuk lolos ke babak selanjutnya, sementara Bhayangkara FC meski menelan kekalahan tetap lolos dengan menempati posisi kedua grup karena memiliki selisih gol yang lebih banyak dibandingkan Bali United.
 
Saat laga, Bhayangkara FC yang berstatus sebagai tim kandang mengenakan seragam berwarna kuning emas. Sedangkan Persib Bandung yang berstatus tim tandang meski bermain di Bandung, mengenakan seragam berwarna hitam dan celana biru.

Sebelum laga dimulai, para pemain, wasit, pelatih, ofisial, beserta petugas yang ada di lokasi, melakukan mengheningkan cipta selama sekitar 15 detik. Mengheningkan cipta itu dilakukan sebagai tanda duka cita atas meninggalnya dua Bobotoh Persib di Stadion GBLA pada Jumat (17/6).

Baca Juga:
3 Pemain Keturunan Ikut Latihan Bersama Timnas Indonesia U-19, Meski Tak Masuk Daftar Shin Tae-yong

Belum genap satu menit setelah laga dimulai, gelandang Bhayangkara Sani Rizki langsung mendapat peluang yang membahayakan gawang Persib Bandung. Namun Sani Rizki yang tinggal satu lawan satu dengan Kiper Persib Fitrul, gagal mengeksekusi bola karena melambung ke atas gawang.

Hingga menit ke-10, Bhayangkara tampak lebih dominan dalam penguasaan bola. Para pemain dari klub berjuluk The Guardians itu terus memberikan tekanan hingga menyulitkan Persib untuk membangun serangan.

Tekanan itu terus berlanjut hingga Bhayangkara mendapat peluang untuk unggul saat Gelandang Persib Beckham melakukan pelanggaran handball di area pertahanan Persib.

Baca Juga:
Hasil Piala Presiden 2022: PSIS Semarang Tumbangkan Persis Solo 2-1

Anderson Salles kemudian maju sebagai algojo sepakan bebas. Namun tendangan kerasnya masih belum menuju ke sasaran karena melenceng ke kanan gawang Fitrul.

Persib Bandung baru bisa memberi ancaman bagi Bhayangkara pada menit ke-19. Namun kerja sama antara Erwin Ramdani dan David Da Silva itu belum bisa membuahkan hasil. Sepakan David Da Silva masih membentur pemain belakang Bhayangkara.

Sejak saat itu, Persib Bandung tampak mulai percaya diri untuk bisa menguasai jalannya laga. Salah satu peluang yang muncul yakni di menit ke-24. Saat itu Frets Butuan yang mendapat peluang melakukan sepakan ke arah gawang namun berhasil ditepis Awan Setho.

Baca Juga:
3 Pemain Keturunan Tak Bisa Bela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF, Media Vietnam Ikut Senang

Pada menit ke-34, Fitrul melakukan dua penyelamatan gemilang. Saat itu ia memblok tendangan Sani Rizki, lalu bola muntahannya itu disambut lagi oleh Ezzejjari yang dilanjut dengan tendangan. Namun Fitrul tidak goyah, dirinya tetap sigap menjaga gawangnya.

Bermula dari momen tersebut, Persib Bandung kemudian melancarkan serangan balik yang cukup deras. Umpan terobosan dari Beckham Putra disambut baik oleh David Da Silva.

Masih di menit ke-34, Persib akhirnya membuka keunggulan. Sepakan datar keras dari David Da Silva tak mampu dibendung oleh Awan Setho. Bola akhirnya bersarang di gawang Bhayangkara setelah membentur tiang sebelah kiri. Skor 1-0 untuk keunggulan Maung Bandung.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Pamer Momen Timnas Indonesia U-19 Latihan, 3 Pemain Keturunan Ikut Gabung

Saat menginjak 45 menit, wasit memberikan tambahan waktu selama empat menit. Namun hingga peluit babak pertama, belum ada lagi gol yang tercipta.

Memulai babak kedua, Persib mengganti dua pemain sekaligus. Erwin Ramdani keluar dan digantikan Febri Haryadi, sedangkan David Rumakiek masuk menggantikan Zalnando.

Bhayangkara pun saat itu juga mengganti dua pemain. Wahyu Subu Seto masuk menggantikan Hargianto, dan Mokhtar masuk menggantikan Katsuyoshi.

Hingga menit ke-55, kedua tim sama-sama mencari celah serangan. Namun Persib Bandung tampak lebih dominan dalam penguasaan bola.

Menit ke-57, Bhayangkara kembali melakukan pergantian pemain. Kasim Botan masuk lapangan untuk menggantikan Ezzejjari. Selanjutnya di menit ke-62, Persib mengganti Dedi Kusnandar dengan memasukkan Nick Kuipers.

Dedi selama lebih dari satu babak, bermain di posisi bek tengah. Posisi itu sedianya merupakan posisi Nick Kuipers, tetapi Nick tidak dimainkan sejak awal laga karena sempat alami cedera di laga sebelumnya.

Menjelang menit ke-70, Persib Bandung tampak menjadi pihak yang ditekan. Meski tertinggal, Bhayangkara terus percaya diri untuk mengejar ketertinggalan dengan mendominasi serangan.

Sedangkan Persib Bandung kerap hanya mengandalkan serangan balik seperti di awal-awal babak pertama. Pergantian Erwin dengan Febri pun belum bisa mempertajam serangan dari sisi sayap kanan.

Selanjutnya di menit ke-74, Bhayangkara melakukan pergantian pemain. Sani Rizki yang kerap menjadi pengatur serangan selama jalannya laga, diganti oleh David Maulana. Lima menit setelah itu, Persib mengganti Abdul Aziz dengan memasukkan Robi Darwis.

Lima menit waktu normal berakhir, Bhayangkara mengganti Dendy Sulistyawan dan memasukkan Antoni Putro. Tak lama momen pergantian pemain itu, wasit mengganjar Gelandang Persib Beckham dengan kartu kuning karena membuat pemain Bhayangkara terjatuh.

Menjelang menit ke-90, Persib kembali melakukan pergantian pemain. Kali ini Frets Butuan keluar digantikan Ridwan Ansori. Setelah masuk, Ridwan Ansori langsung diberi kejutan oleh Bek Bhayangkara Anderson Salles. Ridwan tersungkur setelah berduel dengan Salles.

Pada menit ke-90, wasit memberikan tambahan waktu selama enam menit. Tambahan waktu itu hampir membuat Persib kebobolan dari peluang yang didapat Mokhtar.

Tembakan Gelandang Bhayangkara itu menerobos barisan Bek Persib. Namun Fitrul saat itu masih tetap fokus karena bola masih bisa diantisipasi.

Menjelang peluit akhir, Persib justru memberi peluang bagi Bhayangkara karena Henhen melakukan pelanggaran di area favorit bagi Salles untuk bisa mencetak gol dari tendangan bebas.

Benar saja, tembakan Salles itu hampir menjebol gawang Persib. Tetapi bola yang meluncur cepat itu masih membentur tiang. Lalu muntahan bola itu pun belum bisa dimaksimalkan pemain Bhayangkara menjadi gol.

Peluit babak kedua akhirnya ditiup oleh wasit asal Jawa Tengah yakni Dwi Purba Adi. Laga itu berakhir dengan kemenangan Persib Bandung 1-0 atas Bhayangkara.

Susunan Pemain: 
Bhayangkara FC: Awan Setho (PG) (C), Anderson Salles, Indra Kahfi, Fatchu Rochman, Ruben Sanadi, Dendy Sulistyawan, Finky Pasamba, Katsuyoshi, Hargianto, Sani Rizki, Ezzejjari.

Cadangan: Aqil Savik (PG), Asyraq Gufran, Dodi Irawan, Nurhidayat, Abdul Rachman, David Maulana, Kasim Botan, Younnes Mokhtar, Antoni Putro, Wahyu Subu Seto.

Persib Bandung: Fitrul (PG), Jufrianto (C), Henhen Herdiana, Abdul Aziz, Beckham Putra, Dedi Kusnandar, Erwin Ramdani, Zalnando, David Da Silva, Ezra Walian, Frets Butuan.

Cadangan: Reky Rahayu (PG), Bayu Fiqri, David Rumakiek, Eriyanto, Nick Kuipers, Arsan Makarim, Febri Haryadi, Robi Darwis, Ridwan Ansori.

(Antara)

Load More