Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Shin Tae-yong bersama pemain Timnas Indonesia Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya dan Stefano Lilypali. (Instagram/shintaeyong7777)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong memastikan bakal menjadi pelatih di tiga level Timnas Indonesia, yakni U-19, U-23 hingga senior. Ia rela melakukan hal tersebut demi membenahi sistem sepak bola Tanah Air.

Sebelummya, PSSI berencana melepas jabatan Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala di salah satu level tim nasional. Tadinya, ia diminta fokus bersama Timnas Indonesia U-19 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 2023.

Rencana PSSI ini menimbulkan protes pecinta sepakbola Tanah Air. Pasalnya, progres Timnas U-23 dan senior di bawah arahan Shin Tae-yong sejatinya cukup bagus.

Baca Juga:
Profil Zanadin Fariz, Wonderkid Persis Solo yang Dipanggil ke Timnas Indonesia U-19

Timnas senior bahkan dibawa Shin Tae-yong lolos ke Piala Asia 2023 setelah finis sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik pada fase kualifikasi.

Shin Tae-yong menjelaskan alasannya tetap bersikeras menukangi tiga level timnas Indonesia. Menurutnya, hal itu akan membuat tim berkesinambungan dan baik untuk perkembangan sepak bola Indonesia sendiri.

"Sampai saat ini tidak ada masalah. Dengan begitu saya bisa lebih mendalami sepakbola Indonesia," ujar Shin Tae Yong dilansir dari laman PSSI.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Indonesia U-19 Bisa Jadi Juara di Piala AFF U-19 2022

Lebih lanjut, pelatih 52 tahun itu mengakui kelelahan menukangi Timnas U-19, U-23, dan senior sekaligus. Wajar, karena jadwal yang dijalani memang sangat padat.

Namun, Shin Tae-yong menikmatinya. Sebab, ia mau memajukan sepakbola Tanah Air khususnya tim nasional Indonesia.

"Saya memang merasa lelah, tapi bagus ya, mulai dari U-19, U-23, dan senior. Sistem seperti ini harus dikembangkan lebih. Walaupun capek harus benahi," terangnya.

Baca Juga:
3 Negara yang Bisa Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia Sebelum ke Piala Asia 2023

Shin Tae Yong menjelaskan pada sisa kalender tahun ini timnas Indonesia tidak memiliki agenda lain selain FIFA Matchday pada September.

Sementara untuk U-19 dalam akan turun di Piala AFF U-19 2022 pada awal Juli mendatang. Kejuaraan itu bakal menjadi pemanasan sebelum turun di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Kabar Terbaru Mess Hilgers, Kini Diburu Klub Raksasa Eks Juara Liga Champions

Load More