Rabu, 07 Desember 2022
Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha : Jum'at, 17 Juni 2022 | 09:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule angkat bicara terkait klaim yang menyebut dirinya tokoh utama di balik keberhasilan Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023

Ini berawal dari artikel berjudul "Pecahnya Rekor 42 Tahun" selepas Timnas Indonesia mengalahkan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023 belum lama ini.

Gara-gara artikel itu, Iwan Bule banjir hujatan dan cibiran dari banyak pihak. Ia pun membantah tuduhan bahwa PSSI dan dirinya lah yang mengklaim langsung hal itu.

Menurutnya, ada kesalahpahaman dari artikel yang dimuat PSSI. Ia menyebut, itu merupakan opini wartawan senior bukan klaim federasi.

"Saya tak pernah bicara itu. Kehebatan PSSI bukan karena saya. Saya partikel kecil saja, yang bicara itu bukan saya, itu wartawan senior. Tanyakan dong kepada dia kenapa bicara begitu, kan saya ada di Indonesia," terang Iwan Bule kepada awak media.

"Mohon dicermati jangan dipotong setengah-setengah. Kita berbicara seolah-olah kita bicara. Tapi kalau agama islam itu pahala buat saya."

"Bahwa saya tidak melakukan tapi dituduh melakukan declare bahwa saya paling hebat. Mudah-mudahan yang mutar balikkan fakta itu diberikan barokah juga," pungkasnya.

Iwan Bule menegaskan bahwa keberhasilan timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 adalah berkat dukungan seluruh pihak terutama perjuangan pelatih Shin Tae-yong bersama staf, ofisial tim, dan pemain.

"Yang sukses itu pemain, pelatih, ofisial yang di sana. Saya hanya berikan semangat, paling video call. Itu saja," kata Iriawan.

Klaim Iwan Bule sebagai sosok penting dalam kemenangan timnas Indonesia itu muncul pasca skuad Garuda menumbangkan Kuwait 2-1 dalam matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8 Juni lalu.

Selepas itu, tim asuhan Shin Tae-yong tampil apik. Kendati kalah 0-1 dari Yordania pada matchday kedua, timnas Indonesia mampu membantai Nepal 7-0 untuk memastikan satu tempat ke putaran final Piala Asia 2023 lewat jalur lima runner-up terbaik.

BACA SELANJUTNYA

Manajer Filipina Sombongkan Kekuatan Timnya Jelang Piala AFF 2022, Sulitkan Timnas Indonesia Lolos Grup?