Irwan Febri Rialdi
Kiper Ipswich Town, Christian Walton. (Dok. Ipswich)

Bolatimes.com - Elkan Baggott menunjukkan penampilan impresif selama membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. Dia selalu bermain di tiga laga.

Bek jangkung berusia 19 tahun tersebut berjasa membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Indonesia lolos setelah menjadi salah satu runner-up terbaik.

Penampilan Elkan sangat impresif, bahkan dia turut mencetak gol pada laga terakhir melawan Nepal, Rabu (15/6/2022) kemarin.

Baca Juga:
Witan Sulaeman Kembali ke Polandia usai Antar Indonesia ke Piala Asia 2023

Bukan lewat sundulan seperti yang biasa menjadi andalannya, tetapi gol Elkan Baggott lahir dari sepakan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Pujian pun mengalir buat Elkan berkat penampilan apiknya itu. Sebelumnya, Elkan Baggott juga sudah mendapat pujian dari kiper Ipswich Town, Christian Walton.

Pujian itu diberikan saat Elkan menjalani debut di tim senior Ipswich Town pada 16 April lalu melawan Rotherham United. Walton mengaku kagum dengan Elkan yang bisa menjalani debut di usia yang masih sangat muda.

Baca Juga:
Egy Maulana Vikri Dirumorkan Gabung Klub Polandia Lagi, Bukan Lechia Gdansk

"Dia (Baggott) melakukan sebaik yang bisa dilakukan. Itu hal besar untuk dirinya sendiri, jadi dia punya kepercayaan besar dari itu. Dia anak yang hebat," sambungnya lagi.

Walton pun menilai bahwa Elkan Baggott sangat berpotensi dan layak untuk bisa menembus tim utama Ipswich Town di musim depan.

Berikut profil Christian Walton

Baca Juga:
Lucu Banget, Momen Shin Tae-yong Joget usai Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Sosok dengan nama lengkap Christian Timothy Walton ini lahir di Wadebridge, Inggris, pada 9 November 1995. Dia memulai kariernya dengan bergabung di akademi lokal.

Pada 2005 Walton bergabung dengan akademi Plymouth Argyle. Setelah 8 tahun di sanan, Walton bergabung dengan Birghton & Hove Albion pada 2013.

Saat itu Brighton masih bermain di divisi Championship. Sebagai kiper muda, Walton tidak terlalu banyak mendapat kesempatan bermain.

Baca Juga:
Profil Deep Karki, Kiper Nepal yang Dibobol 7 Kali oleh Timnas Indonesia

Dia cuma bermain 3 kali di Championship pada musim 2014/15, lalu dipinjamkan ke berbagai klub kasta bawah Inggris. Mulai dari Bury, Luton Town, Southend United.

Dia juga sempat dipinjamkan ke Wigan Athletic yang berlaga di League One dan berjasa mengantarkan Wigan promosi ke Championship.

Walton kemudian kembali dipinjamkan ke Blackburn Rovers untuk mengarungi Championship musim 2019/20. Di musim 2020/21, dia kembali ke Brighton.

Meski tidak merasakan turun bermain di Liga Inggris, Christian Walton mencatatkan dua penampilan di ajang Piala FA.

Di musim 2021/22, Walton dipinjamkan ke Ipswich Town. Setelah mendapat jaminan sebagai kiper utama, dia memutuskan pindah secara permanen ke Ipswich Town.

Pada level tim nasional, Christian Walton pernah beberapa kali dipercaya memperkuat Timnas Inggris kelompok umur. Mulai dari U-19 hingga U-21.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More