Rauhanda Riyantama
Selebrasi Dimas Drajad usai cetak gol saat Timnas Indonesia lumat Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses menyudahi penantian selama 16 tahun untuk tampil di Piala Asia 2023. Skuat Garuda lolos usai melumat Nepal 7-0 dalam matchday terakhir Grup A, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat timnas Indonesia berhak lolos ke putaran Piala Asia 2023 lewat jalur lima runner-up terbaik. Tim besutan Shin Tae-yong finis kedua dengan koleksi enam poin +7 gol.

Timnas Indonesia cuma kalah dari Kyrgyzstan yang berhak menempat posisi pertama klasemen runner-up terbaik dengan koleksi tujuh poin +3 gol.

Baca Juga:
Bungkam Selandia Baru, Kosta Rika Jadi Tim Terakhir yang Lolos ke Piala Dunia 2022

 

 

Baca Juga:
Timnas Indonesia Duduki Posisi Dua Klasemen Akhir Runner Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023

Hasil ini membuat timnas Indonesia mencatatkan sejarah. Untuk kali pertama dalam 16 tahun atau sejak 2007, skuad Garuda akhirnya mampu kembali ke panggung Asia.

Kelolosan timnas Indonesia berbanding lurus dengan penampilan Witan Sulaeman dan kawan-kawan di laga kontra Nepal. Pasukan Shin Tae-yong tampil menggila di laga ini.

Skuad Garuda sudah unggul dua gol di babak pertama lewat Dimas Drajad (6’) dan Witan Sulaeman (43’), sebelum memberondong lawannya di babak kedua dengan lima gol tambahan.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Klub Elkan Baggott Beri Selamat

Lima gol di babak kedua dicetak oleh Fachruddin Aryanto (54’), dan Saddil Ramdani (55’), Elkan Baggott (80’), Witan Sulaeman (81') dan Marselino Ferdinan (90’).

Di klasemen Grup A sendiri, timnas Indonesia finis kedua di bawah Yordania yang berhasil jadi juara grup usai mengalahkan tuan rumah Kuwait dengan skor telak 3-0.

(Arief Apriadi)

Baca Juga:
Klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Temani Yordania Lolos ke Putaran Final

Load More