Husna Rahmayunita
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali enggan ikut campur terkait pemilihan pelatih Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunai 2022. Amali menyerahkannya kepada PSSI.

Sikap ini ditunjukkan selepas PSSI berencana meminta Shin Tae-yong untuk fokus ke Timnas Indonesia U-20 saja dan melepas Timnas U-23 dan senior dengan alasan mengurangi beban pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Silakan menentukan siapa yang akan berkonsentrasi menangani U-20," kata Zainudin Amali di sela pelaksanaan Turnamen Tenis Profesor di Universitas Negeri Semarang, Sabtu (11/6/2022),

Ia menegaskan pemilihan pelatih timnas merupakan wewenang dari PSSI dan menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia.

Meski demikian, ia mengingatkan tentang sukses penyelenggaraan maupun sukses prestasi bagi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 tersebut.

Lebih lanjut pria asal Gorontalo itu menegaskan bahwa Menpora merupakan penanggung jawab atas kesuksesan penyelenggaraan piala dunia yang akan diikuti tim dari 23 negara tersebut.

Sementara Ketua Umum PSSI dikatakanya bertanggung jawab terhadap sukses prestasi timnas Indonesia di turnamen tersebut.

"Kita mau menjadi tuan rumah yang baik bagi 23 tim yang nanti bertanding, namun kita tidak mau tim kita di babak awal sudah babak belur," katanya.

Ia menuturkan kesebelasan yang dihadapi nantinya merupakan tim-tim kuat dari Eropa maupun Amerika Latin, demikian dimuat Antara.

Load More