Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Rachmat Irianto usai mencetak gol ke gawang Kuwait. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut ini hitung-hitungan agar Timnas Indonesia untuk bisa lolos dari grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dan tampil di putaran final ajang empat tahunan itu.

Timnas Indonesia menyisakan dua pertandingan lagi untuk memenuhi mimpinya tampil di putaran final Piala Asia 2023.

Sebagai informasi, terakhir kali tim Merah Putih tampil di ajang bergengsi tersebut terjadi pada 2007 silam saat berstatus tuan rumah.

Sejak penampilan terakhirnya itu,Timnas Indonesia harus absen dari gelaran bergengsi antar negara-negara se Asia tersebut.

Kini Timnas Indonesia punya peluang mengakhiri puasa tampil di ajang bergengsi tersebut. Apalagi, setelah skuat Garuda meraih kemenangan perdana di grup A melawan Kuwait.

Di laga perdana di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berhasil meraup poin penuh usai mengandaskan Kuwait dengan skor 2-1.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia punya modal berharga jelang menghadapi dua laga lanjutan, yakni melawan Yordania (12/6) dan Nepal (15/6).

Saat ini, Timnas Indonesia menempati posisi kedua di klasemen sementara grup A, dengan raihan tiga poin, sama seperti Yordania yang sebelumnya menang atas Nepal di laga perdana.

Mengingat hanya ada 11 tiket yang akan diberikan ke enam juara grup dan lima Runner Up terbaik dari enam grup yang ada, apa saja syarat Timnas Indonesia agar bisa lolos ke putaran final?

Skenario Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Asia 2023

Setidaknya ada tiga skenario yang bisa dipilih Timnas Indonesia jelang laga melawan Yordania, agar bisa melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

Skenario pertama adalah, Timnas Indonesia bisa memastikan diri lolos langsung ke Piala Asia 2023 dengan mengalahkan Yordania di laga kedua.

Kemenangan atas Yordania akan membuat Timnas Indonesia otomatis lolos ke putaran final, dengan catatan di laga yang sama Kuwait bisa mengalahkan Nepal.

Jika Timnas Indonesia menang atas Yordania dan Kuwait menang atas Nepal, Timnas Indonesia akan sah menjadi juara grup, karena unggul Head to Head atas Yordania dan Kuwait, terlepas dari hasil melawan Nepal di laga terakhir.

Skenario kedua adalah, Timnas Indonesia hanya perlu bermain imbang dengan Yordania, dengan harapan Kuwait tertahan oleh Nepal, entah itu imbang atau tumbang.

Jika pun meraih hasil seri melawan Yordania, mau tak mau Timnas Indonesia harus menang besar atas Nepal di laga terakhir, mengingat tiket bakal diberikan ke Runner Up grup terbaik.

Skenario ketiga adalah, Timnas Indonesia boleh saja kalah dari Yordania. Akan tetapi, di laga terakhir skuat Garuda harus menang besar atas Nepal dan berharap Kuwait tergelincir di laga terakhirnya.

Namun skenario ketiga ini hanya akan membuat peluang Timnas Indonesia untuk lolos begitu tipis. Hal ini dikarenakan hanya ada lima runner up terbaik dari enam grup yang bakal diberikan tiket oleh AFC untuk tampil di putaran final Piala Asia 2023.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Load More