Irwan Febri Rialdi
Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, bersama pelatih Eduardo Almeida. (Dok. Arema FC)

Bolatimes.com - Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida, mempercayan penuh lini depan tim asuhannya di Piala Presiden 2022 kepada pemain lokal. Ini akan menjadi kesempatan bagus pemain lokal untuk berkembang.

Selepas kepergian Carlos Cortes pasca Liga 1 musim lalu, Arema FC masih mencari sosok pengganti untuk mengisi slot penyerang asing mereka.

Kondisi itu membuat Singo Edan dipastikan tanpa penyerang asing ketika menjalani turnamen pramusim Piala Presiden 2022 yang diikuti 18 klub peserta Liga 1 2022/2023.

Almeida menganggap hal itu sebagai suatu yang positif. Arema FC jadi bisa memberikan kesempatan para penyerang lokal untuk unjuk gigi.

Sebagaimana diketahui, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sempat mengeluhkan minimnya sosok penyerang lokal berkualitas. Kondisi itu bikin skuad Garuda tak punya banyak opsi.

Arema FC sendiri memiliki tiga striker asing saat ini. Mereka adalah Hanis Sagara, Dedik Setiawan, dan Bramtio yang diharapkan bisa membuktikan kemampuan selama tim belum merekrut striker impor.

"Karena banyak yang bicara Indonesia membutuhkan striker lokal, sekarang menjadi peluang pemain lokal untuk bermain di posisi itu. Berikan waktu untuk pemain lokal untuk bermain, dan menunjukkan kapasitasnya," kata Eduardo Almeida dalam konferensi pers, Jumat (10/6/2022).

Sejauh ini, Almeida mengaku puas dengan performa striker lokal Arema FC dalam beberapa uji coba terakhir. Situasi ketiadaan striker asing disebutnya harus bisa ditanggapi secara positif.

"Kalau kita bermain dengan pemain lokal tidak ada pemain asing, kalau bermain dengan pemain asing, kita tidak ada pemain lokal," tutur ALmeida.

"Jadi, harus dimengerti, ini adalah peluang yang bagus untuk sejumlah pemain Dedik, Hanis, Bram untuk menunjukkan kapasitasnya."

Meski demikian, Eduardo Almeida tetap membuka peluang perekrutan striker asing dalam skuadnya. Meski demikian, dia menyerahkan keputusan itu kepada pihak klub.

"Kapan datang, dan proses negosiasi itu adalah bagian dari manajemen (soal proses pemain asing) saya tidak akan memberikan komentar," tutur Almeida.

Di Piala Presiden 2022, Arema FC tergabung dalam Grup D bersama PSM Makassar, Persikabo 1973, dan Persik Kediri.

Pada matchday pertama, Arema FC akan menghadapi PSM. Laga ini bakal bergulir pada Sabtu (11/6/2022) pukul 20.30 WIB di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More