Rauhanda Riyantama
Ricky Nelson/@rickynelson80

Bolatimes.com - Persipura Jayapura dipastikan sudah memiliki pelatih baru untuk mengarungi Liga 2 musim 2022/2023. Adalah sosok pelatih kawakan bernama Ricky Nelson.

Mantan pelatih tim sepak bola putra Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam PON Papua tersebut dikabarkan sudah bertemu dengan manajer Persipura Yan Permenas Mandenas untuk pembahasan kontrak yang telah mencapai kesepakatan.

"Iya, segera diumumkan dan saya senang bisa melatih Persipura Jayapura," katanya saat dihubungi Antara dari Jayapura, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga:
Ingin Tinggalkan Manchester City, Ilkay Gundogan Diincar Juventus dan Barcelona

Meski dibebani tugas berat untuk mengantarkan Mutiara Hitam kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Ricky mengaku gembira diberi kepercayaan untuk mengemban tantangan tersebut.

"Ini jelas tantangan besar dan saya harus bekerja lebih keras lagi," ujar Ricky.

Musim lalu, Persipura untuk pertama kalinya harus terdegradasi dari kasta tertinggi sepak bola Indonesia sejak penggabungan kompetisi Perserikatan dan Galatama pada 1994-95.

Baca Juga:
Klub Liga Inggris Patok Harga Tiket Tandang Senilai Rp 545 Ribu

Persipura hanya finis di urutan ke-16 klasemen Liga 1 Indonesia 2021-22 dengan raihan 36 poin, termasuk hukuman pengurangan tiga poin karena tak menghadiri pertandingan pekan ke-22 melawan Madura United pada 21 Februari 2022.

Degradasi tersebut memaksa Persipura melepas pelatih Alfredo Vera beserta tiga pemain asing yakni Yven Bhogasvili, Ramiro Fergonsi, dan Takuya Matsunaga, mengingat regulasi melarang penggunaan pemain maupun pelatih asing di Liga 2.

Tak hanya kehilangan legiun asing, Persipura juga sudah ditinggalkan beberapa pemain lokal seperti David Rumakiek, Fitrul Dwi Rustapa, Todd Rivaldo Ferre, serta Donny Monim.

Baca Juga:
Perkasa! Bantai Unggulan Korea Selatan, Apriyani/Fadia ke Semifinal Indonesia Masters 2022

Kendati demikian Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano meyakini bahwa timnya itu hanya akan berkompetisi semusim saja di kasta kedua dan segera kembali meraih tiket promosi ke Liga 1.

"Saya percaya paling satu tahun saja Persipura kembali lagi ke Liga 1 Indonesia," katanya pada 28 April lalu.

Baca Juga:
Salah Sangka, Pelatih Yordania Sebut Timnas Indonesia Diperkuat Sandy Walsh dan Jordi Amat di Kualifikasi Piala Asia

Load More