Rauhanda Riyantama
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ditemui di Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022). (ANTARA/Arindra Meodia)

Bolatimes.com - Sosok Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau akrap disapa Iwan Bule tengah jadi sorotan warganet karena diklaim paling berjasa saat Timnas Indonesia kalahkan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (9/6/2022).

PSSI menyampaikan klaim itu lewat sebuah artikel berjudul 'Pecahnya Rekor 42 Tahun' yang diunggah dalam laman resmi mereka. Sebelum itu, Iwan Bule dalam menjabat ketua umum PSSI kerap menimbulkan beragam kontroversi, berikut daftarnya.

1. Batal Gunakan Warrix

Baca Juga:
Termasuk Pratama Arhan, Deretan Pemain Asia Tenggara di 3 Kasta J League Musim Ini

Apparel asal Thailand, Warrix terkejut saat PSSI mengumumkan kerja sama dengan Mills sebagai penyedia peralatan olahraga untuk Timnas Indonesia seluruh kelompok umur.

Padahal sebelumnya, produk milik Warrix telah didistribusikan dan dipakai oleh para pemain timnas U-19 saat pemusatan latihan di sejumlah kesempatan.

2. Angkat Adik Ipar Jadi Wakil Sekjen PSSI

Baca Juga:
Gagal Total di Chelsea, Romelu Lukaku Berniat Pulang ke Inter Milan

Kontroversi Iwan Bule selanjutnya adalah ketika ia mengangkat adik iparnya, Maaike Ira Puspita, sebagai Wakil Sekjen PSSI pada 16 Januari 2020 lalu.

Maaike Ira Puspita sendiri merupakan istri dari Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Mochamad Sandy Hermawan, yang merupakan adik dari Iwan Bule.

3. Punya Rencana Masuk Ruang Ganti Pemain

Baca Juga:
Profil Hans-Kristian Vittinghus, Tunggal Denmark yang Protes Hakim Garis Indonesia Masters Ngantuk

Iwan Bule juga pernah berencana  masuk ruang ganti Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2020.

Sontak, hal itu ditentang warganet lantaran kehadirannya dianggap dapat mengganggu konsentrasi para pemain Timnas Indonesia.

Alasan lainnya, apabila rencana tersebut benar-benar dilakukan, Iwan Bule terancam melanggar regulasi Piala AFF.

Baca Juga:
Ngebet Datangkan Frenkie de Jong, Manchester United Tawarkan Dana Rp1,2 Triliun

4. Wakil Ketua PSSI Tunjuk Anaknya Jadi Manajer PT. LIB

Selanjutnya, ada kontroversial PSSI era Iwan Bule yang kembali disorot publik adalah pemilihan manajer oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sekaligus Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri.

Cucu dikabarkan menunjuk putranya, Pradana Aditya Wicaksana sebagai General Manager (GM) PT LIB. Ini menuai kontra dari para warganet yang menyebutkan bahwa liga bola Indonesia seolah sudah menjadi ladang bisnis keluarga.

5. PSSI Sebut Iwan Bule Paling Berjasa

Alih-alih menyanjung tinggi perjuangan sang pelatih Shin Tae-yong dan anak asuhnya, PSSI justru menyebut Iwan Bule sebagai tokoh utama dalam kemenangan bersejarah atas Kuwait itu.

“Siapa tokoh utama di balik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule!,” tulis PSSI dalam sebuah artikel berjudul ‘Pecahnya Rekor 42 Tahun’ di laman resmi mereka, Kamis (9/6/2022).

Itulah deretan kontroversi Iwan Bule Ketua Umum PSSI yang kerap menjadi perbincangan publik.

(Kontributor: Xandra Junia Indriasti)

Load More