Rabu, 07 Desember 2022
Rauhanda Riyantama : Jum'at, 10 Juni 2022 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Sosok Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau akrap disapa Iwan Bule tengah jadi sorotan warganet karena diklaim paling berjasa saat Timnas Indonesia kalahkan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (9/6/2022).

PSSI menyampaikan klaim itu lewat sebuah artikel berjudul 'Pecahnya Rekor 42 Tahun' yang diunggah dalam laman resmi mereka. Sebelum itu, Iwan Bule dalam menjabat ketua umum PSSI kerap menimbulkan beragam kontroversi, berikut daftarnya.

1. Batal Gunakan Warrix

Apparel asal Thailand, Warrix terkejut saat PSSI mengumumkan kerja sama dengan Mills sebagai penyedia peralatan olahraga untuk Timnas Indonesia seluruh kelompok umur.

Padahal sebelumnya, produk milik Warrix telah didistribusikan dan dipakai oleh para pemain timnas U-19 saat pemusatan latihan di sejumlah kesempatan.

2. Angkat Adik Ipar Jadi Wakil Sekjen PSSI

Kontroversi Iwan Bule selanjutnya adalah ketika ia mengangkat adik iparnya, Maaike Ira Puspita, sebagai Wakil Sekjen PSSI pada 16 Januari 2020 lalu.

Maaike Ira Puspita sendiri merupakan istri dari Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Mochamad Sandy Hermawan, yang merupakan adik dari Iwan Bule.

3. Punya Rencana Masuk Ruang Ganti Pemain

Iwan Bule juga pernah berencana  masuk ruang ganti Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2020.

Sontak, hal itu ditentang warganet lantaran kehadirannya dianggap dapat mengganggu konsentrasi para pemain Timnas Indonesia.

Alasan lainnya, apabila rencana tersebut benar-benar dilakukan, Iwan Bule terancam melanggar regulasi Piala AFF.

4. Wakil Ketua PSSI Tunjuk Anaknya Jadi Manajer PT. LIB

Selanjutnya, ada kontroversial PSSI era Iwan Bule yang kembali disorot publik adalah pemilihan manajer oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sekaligus Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri.

Cucu dikabarkan menunjuk putranya, Pradana Aditya Wicaksana sebagai General Manager (GM) PT LIB. Ini menuai kontra dari para warganet yang menyebutkan bahwa liga bola Indonesia seolah sudah menjadi ladang bisnis keluarga.

5. PSSI Sebut Iwan Bule Paling Berjasa

Alih-alih menyanjung tinggi perjuangan sang pelatih Shin Tae-yong dan anak asuhnya, PSSI justru menyebut Iwan Bule sebagai tokoh utama dalam kemenangan bersejarah atas Kuwait itu.

“Siapa tokoh utama di balik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule!,” tulis PSSI dalam sebuah artikel berjudul ‘Pecahnya Rekor 42 Tahun’ di laman resmi mereka, Kamis (9/6/2022).

Itulah deretan kontroversi Iwan Bule Ketua Umum PSSI yang kerap menjadi perbincangan publik.

(Kontributor: Xandra Junia Indriasti)

BACA SELANJUTNYA

Sudah Tiba di Bali, Egy Maulana Vikri Langsung Pose Bareng 2 Bek Andalan Timnas Indonesia