Irwan Febri Rialdi
Wasit Nasrullah Kabirov yang memimpin pertandingan Kuwait vs Timnas Indonesia (asiaplustj.info)

Bolatimes.com - Nasrullo Kabirov tiba-tiba jadi sorotan dan jadi perbincangan di sosial media oleh para netizen usai memimpin pertandingan Kuwait vs Timnas Indonesia.

Ya, Kabirov menjadi wasit di laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 itu pada Rabu (8/6/2022) malam WIB. Dia dinilai memimpin pertandingan dengan bagus.

Pada laga yang berlangsung di Jaber Al-Ahmad International Stadium itu, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Kuwait dengan skor 2-1.

Salah satu gol Indonesia berasal dari tendangan penalti Marc Klok usai Kabirov menunjuk titik putih karena Rachmat Irianto dilanggar kiper lawan di kotak terlarang.

Sepanjang 2x45 menit, wasit Nasrullah Kabirov mampu bersikap tegas. Ia misalnya menghukum kartu kuning Saddil Ramdani saat melakukan tekel dari belakang kepada pemain Kuwait.

Nasrullah Kabirov juga tak terpengaruh saat pemain Kuwait mengintervensi untuk mendapat hadiah penalti di babak kedua karena merasa dilanggar pemain Indonesia di area terlarang.

Publik pun ramai-ramai memberikan pujian kepada wasit Nasrullah Kabirov dan mencari akun sosial media miliknya.

Wasit Nasrullah Kabirov merupakan korps pengadil lapangan hijau kelahiran Nurek, salah satu wilayah di Tajikistan. Di kompetisi lokal, Kabirov terbilang wasit yang cukup senior dan paling diandalkan. Hal ini lantaran ia menjadi salah satu wasit Tajikistan dengan lisensi FIFA.

Selain memimpin laga-laga di kompetisi lokal, Kabirov juga dipercaya untuk menjadi wasit pada pertandingan-pertandingan di bawah bendera AFC.

Ambil contoh Piala AFC hingga Kualifikasi Liga Champions Asia dan Kualifikasi Piala Asia. Dilihat dari data Transfermarkt, Nasrullah Kabirov tercatat memimpin 34 pertandingan dari tahun 2017 hingga sekarang.

Dari puluhan laga itu, Kabirov terbilang wasit yang mudah mengeluarkan kartu dengan catatan memberikan 100 kartu kuning, 2 kartu kuning berujung kartu merah, dan 6 kartu merah langsung, serta 16 kali memberikan tendangan penalti.

Nah, menariknya Nasrullo Kabirov juga pernah memimpin pertandingan di SEA Games 2021 kemarin. Dia dua kali menjadi wasit di fase grup.

Kabirov memimpin laga antara Thailand U-23 vs Malaysia U-23 dan Malaysia U-23 vs Kamboja U-23 di fase grup. Dari dua laga itu, dia memberikan 3 kartu kuning dan 1 kartu merah, serta 1 penalti.

Selain SEA Games 2021, Kabirov juga pernah memimpin pertandingan di Asian Games 2018 antara Timor Leste U-23 melawan Uni Emirat Arab U-23.

Selain menjadi wasit utama, Kabirov juga punya pengalaman menjadi wasit keempat di berbagai ajang bergengsi seperti Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia hingga Liga Champions Asia.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More