Rauhanda Riyantama
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Berikut daftar 13 negara yang telah memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia 2023, di mana 11 slot tersisa akan diperebutkan oleh 24 negara termasuk Indonesia.

Saat ini, Piala Asia 2023 akan menggelar babak kualifikasi yang diikuti oleh 24 negara yang terbagi dalam enam grup.

Nantinya 24 negara ini akan saling tikam untuk memperebutkan 11 tiket tersisa guna tampil di putaran final Piala Asia 2023, termasuk Indonesia yang tergabung di grup A.

Baca Juga:
RUPST, Arkadia Digital Media Catatkan Kenaikan Pendapatan 30 Persen dan Sahkan Susunan Direksi Baru

11 tiket ini akan dibagikan kepada setiap negara yang berhasil menjadi juara grup dan Runner Up grup terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Jika dihitung secara rinci, maka 11 tiket tersebut enam di antaranya akan didapat oleh juara grup, sedangkan lima tiket akan diberikan kepada Runner Up grup terbaik.

Nantinya 11 negara yang lolos ini akan melengkapi 24 negara yang tampil di putaran final Piala Asia 2023 tahun depan.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Kena Dampak Cuaca Panas Kuwait, Nadeo Argawinata: Kita Harus Siap

Sebelumnya, sudah ada 13 negara yang terlebih dulu memastikan tiket ke Piala Asia 2023. Ke-13 negara ini tak perlu repot-repot menjalani babak kualifikasi ketiga.

Pasalnya, ke-13 negara ini telah meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023 dikarenakan keberhasilannya meraih juara grup dan Runner Up grup terbaik di babak kedua kualifikasi.

Setidaknya ada delapan juara grup dan lima Runner Up grup terbaik di babak kedua kualifikasi yang telah mendapat tiket langsung ke Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Kocak, Media Timur Tengah Sebut Timnas Indonesia Masih Diperkuat Hendro Kartiko di Kualifikasi Piala Asia 2023

Delapan negara juara grup babak kedua kualifikasi antara lain:

- Suriah
- Australia
- Iran
- Arab Saudi
- Qatar
- Jepang
- Uni Emirat Arab
- Korea Selatan

Sedangkan lima runner up grup terbaik di babak kedua Kualifikasi Piala Asia 2023 antara lain:

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-19 vs Aljazair, Perebutan Peringkat Ke-9 Turnamen Toulon 2022

- China
- Irak
- Oman
- Vietnam
- Lebanon

Indonesia Dihadapkan Laga Sulit

Timnas Indonesia yang terakhir kali tampil di Piala Asia pada 2007 silam pun berambisi bisa mendapatkan 11 tiket tersisa ke putaran final Piala Asia 2023.

Hanya saja, usaha Timnas Indonesia ini bisa terganjal, mengingat sulitnya lawan yang dihadapi di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Di babak ketiga ini, Timnas Indonesia berada di grup A bersama dengan Kuwait selaku tuan rumah babak ini, Yordania dan Nepal.

Dari tiga negara tersebut, Kuwait dan Yordania akan menjadi batu sandungan Timnas Indonesia yang ingin menjadi juara grup atau Runner Up grup terbaik guna mendapat satu dari 11 tiket tersisa.

Hal ini tak lepas dari status keduanya sebagai langganan Piala Asia. Selain itu, Timnas Indonesia punya rekor buruk melawan dua negara Timur Tengah itu.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More