Husna Rahmayunita
Eks pemain Timnas Indonesia dan mantan pelatin Persita Tangerang Widodo Cahyoni Putro. (Antara Sumut/int)

Bolatimes.com - Menjelang duel antara Timnas Indonesia melawan Kuwait pada Kualifikasi Piala Asia 2023, ada salah satu momen bersejarah yang sangat lekat dengan Widodo Cahyono Putro.

Sebab, Widodo Cahyono Putro yang pernah menjadi striker andalan itu sempat mencetak gol indah dan spektakuler untuk timnas Indonesia ke gawang timnas Kuwait.

Momen itu tepatnya terjadi pada laga timnas Indonesia melawan Kuwait pada ajang Piala Asia 1996 yang berlangsung di Uni Emirat Arab (UEA).

Ketika itu, Widodo Cahyono Putro sukses memecah kebuntuan timnas Indonesia lewat gol luar biasa setelah menerima umpan silang dari Ronny Wabia dari sisi kanan lapangan.

Bola sebetulnya jatuh di belakang Widodo Cahyono Putro. Akan tetapi, instingnya sebagai seorang striker justru membuat Widodo membalikkan badan dan menyambar bola dengan tendangan salto.

Lewat aksi spektakulernya itu, bola mengarah deras ke gawang timnas Kuwait dan tak mampu dihalau oleh penjaga gawang lawan. Gol yang dicetak oleh Widodo Cahyono Putro itu kemudian terpilih menjadi gol terbaik di ajang Piala Asia 1996.

Widodo Cahyono Putro sendiri pernah mengakui bahwa gol spektakulernya tersebut menjadi salah satu momen terindah dalam perjalanan kariernya.

Bahkan, eks-pelatih Persita Tangerang ini membeberkan rahasia di balik gol indahnya tersebut saat menjalani sesi wawancara bersama kanal YouTube Omah Balbalan.

Salah satu rahasianya yakni kebiasaan Widodo menganalisis apa yang harus dilakukan sebelum pertandingan. Menurutnya, itu adalah kunci di balik terciptanya gol salto tersebut.

“Jadi, waktu turnamen itu, kami sempat mempelajari permainan tuan rumah melawan Korea Selatan,” kata Widodo Cahyono Putro dikutip dari kanal YouTube Omah Balbalan.

“Indonesia bertanding pada laga berikutnya. Saya berdoa kepada Tuhan karena ingin sesuatu yang lebih di pertandingan nanti,” ia melanjutkan.

Saat ini, timnas Indonesia akan segera memulai perjuangannya untuk melewati fase ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada pertandingan perdana Grup B, timnas Indonesia akan berjumpa tuan rumah Kuwait yang akan berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Rabu (8/6/2022).

Laga melawan timnas Kuwait bakal menentukan langkah skuad Merah Putih untuk melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

Selain menghadapi Kuwait, timnas Indonesia juga akan bersaing dengan Nepal dan Yordania yang sama-sama tergabung di Grup B Kualifikasi Piala Asia 2023.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More