Irwan Febri Rialdi
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Postur memang menjadi aspek yang kurang menonjol dari para pemain Timnas Indonesia. Sering kali postur para pemain kalah dari pemain di negara-negara lain.

Ambil contoh dari negara-negara Asia tengah atau timur yang punya perawakan tinggi dan postur yang lebih kekar. Aspek fisik ini kerap kali menjadi keunggulan lawan yang bikin Timnas Indonesia kewalahan.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada pemain Timnas Indonesia yang memiliki postur tinggi. Setidaknya di era kepelatihan Shin Tae-yong, pemain-pemain dengan postur tinggi mulai sering terlihat.

Baca Juga:
Profil Ricardinho, Pemain Terbaik Dunia 6 Kali yang Gabung Klub Atta Halilintar

Siapa saja pemain-pemain yang pernah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia dengan postur tinggi? Berikut ulasannya.

1. Kakang Rudianto

Pemain Persib Bandung, Kakang Rudianto ikut TC bersama Timnas Indonesia U-18. (PSSI).

Bek tengah milik Persib Bandung ini memiliki tinggi badan mencapai 183 cm, padahal usianya baru 19 tahun. Keunggulan aspek ini jelas bisa menjadi modal positif buat Kakang di masa mendatang.

Baca Juga:
Puas dengan Performa Timnas U-19 di Toulon Cup, Dzenan: Kami Datang dari Negara Kecil Sepak Bola

Kini Kakang Rudianto tengah dipercaya untuk tampil membela Timnas Indonesia U-19 di Turnamen Toulon 2022.

2. Komang Tri Arta

Masih di posisi bek tengah, kali ini pemain muda milik Bali United, Komang Tr Arta, tercatat sebagai pemain Indonesia dengan postur cukup tinggi.

Baca Juga:
Kalah dari Meksiko, Dzenan Radoncic: Harus Diakui, Ada Jurang Kualitas

Di usianya yang masih 21 tahun, Komang kini memiliki tinggi badan mencapai 181 cm. Sama seperti Kakang, ini modal apik untuk dia di masa mendatang.

3. Achmad Figo Ramadani

Achmad Figo membuat Shin Tae-yong dan Skuad Timnas Indonesia tertawa. (YouTube/PSSI)

Kembali hadir dari posisi bek tengah, kali ini ada nama pemain muda berusia 20 tahun milik Arema FC, Achmad Figo. Dia bahkan sudah membela Timnas Indonesia di FIFA matchday Januari lalu.

Baca Juga:
Usai Kalahkan Persija, Pelatih Sabah FC Tegaskan Hanya Lepas Saddil Ramdani ke Timnas saat Agenda FIFA

Dengan usianya yang masih sangat muda, Achmad Figo berpotensi menjadi andalan di masa mendatang dengan tinggi badan mencapai 185 cm.

4. Rizky Ridho

Rizky Ridho jadi sorotan Piala AFF. (Dok. Piala AFF)

Rizky Ridho sudah lama menjadi andalan Shin Tae-yong di lini pertahanan Timnas Indonesia juga U-23. Kemampuan bertahan pemain Persebaya Surabaya itu memang ciamik.

Selain punya skill bertahan yang apik, Rizky Ridho juga punya postur 183 cm yang sangat mendukungnya sebagai pemain belakang.

5. Elkan Baggott

Elkan Baggott jadi pemain Indonesia pertama yang juarai Profesional Development League. (Twitter/@ipswichtown)

Elkan merupakan pemain Timnas Indonesia dengan postur paling tinggi saat ini. Pemain milik Ipswich Town tersebut mempunyai tinggi badan 194 cm.

Keunggulan tinggi badan ini membuat Elkan selalu ikut berkontribusi dalam setiap kondisi bola mati yang didapatkan Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki 

Load More