Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun. [dok. PSSI]

Bolatimes.com - Pelatih Vietnam U-23, Gong Oh-kyun, menyebut pemain Indonesia tidak memiliki semangat dan tekad yang kuat. Rupanya, pernyataan yang sama pernah disampaikan oleh Shin Tae-yong.

Sebelumnya Shin Tae-yong mengucapkan bahwa pemain Indonesia tidak punya tekad kuat dalam wawancara dengan media Vietnam. Hal itu membuatnya banyak memanggil pemain muda ke skuad Garuda.

"Fakta bahwa para pemain tidak memiliki keinginan dan tekad untuk berjuang sampai siap berkorban seperti Vietnam. Jadi saya menyingkirkan hampir seluruh tim dan menggantinya dengan pemain baru yang lebih muda," ucap Shin Tae-yong dikutip dari Zing News.

Baca Juga:
Greysia Polii Segera Umumkan Pensiun dari Bulu Tangkis

Ternyata bukan hanya Shin Tae-yong saja yang merasakan hal tersebut. Sebab, mantan asisten pelatihnya juga senada mengatakan hal sama.

Dalam laporan Zing News lainnya, Gong Oh-kyun juga membagikan pengalamannya ketika menjadi asisten pelatih timnas. Nyatanya ia mengamini pernyataan Shin Tae-yong.

"Saya punya waktu yang singkat melatih pemain muda Indonesia dan sekarang Vietnam U-23. Kesan pertama waktu di Indonesia pemainnya agak jauh dan bisa dibilang agak susah didekati, kurang ramah," ucap Gong Oh-kyun.

Baca Juga:
Profil Hokky Caraka, Striker Eksperimen Garuda Select yang Jadi Andalan Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Gong Oh-kyun memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

"Dalam latihan, para pemain Indonesia juga menunjukkan kesulitan dalam belajar. Saya pikir ini mungkin karena perbedaan budaya," imbuhnya.

Kendati begitu, setelah menjalani beberapa sesi latihan, ternyata pelatih asal Korea Selatan ini menyadari bahsa masalah pemain Indonesia kurang cukup tekad.

"Setelah beberapa sesi (latihan), saya menemukan bahwa bukan itu masalahnya. Pemain Indonesia tidak memiliki semangat yang cukup baik, tekad kuat seperti yang saya inginkan, sehingga sulit untuk bekerja," tegasnya.

Baca Juga:
Usai Bungkam Ghana, Dzenan Radoncic Optimis Indonesia Bisa Kalahkan Meksiko

Gong Oh-Kyun sendiri memang tidak lama menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Indonesia. Sebab ia hanya bekerja setahun kemudian pamit.

Setelah memutuskan untuk cabut dari timnas Indonesia, ia pulang ke Korea Selatan dan bekerja di Seoul E-Land. Kemudian kini Gong Oh-kyun menggantikan peran Park Hang-seo di Vietnam U-23.

Baca Juga:
Cerita Kevin De Bruyne Dapatkan Lisensi Pelatih UEFA A, Bisa Susul Pep Guardiola

Load More