Husna Rahmayunita
Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun. [dok. PSSI]

Bolatimes.com - Pelatih anyar Timnas Vietnam U-23 Gong Oh-kyun memberikan penilaian terhadap pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan juru taktik Vietnam Park Hang-seo.

Gong Oh-kyun merupakan junior dari Shin Tae-yong dan Park Hang-seo di kepelatihan sepak bola.

Dia memiliki pengalaman bekerja sama dengan keduanya saat di Korea. Bahkan, sempat menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia meski akhirnya memilih mundur pada 2020.

Bagi Gong Oh-kyun, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo adalah panutan. Dia mengaku belajar banyak dari keduanya. Walau begitu, menurutnya ada persamaan dan perbedaan antara dua pelatih asal Korea Selatan itu.

Persamaannya, kata Goh Oh-kyun, kedua seniornya adalah sosok yang ambisius tapi bukan pemarah kendati kerap terlihat tegas di lapangan.

"Pelatih Park dan Shin pada dasarnya bukanlah orang pemara. Mereka hanya haus untuk menang, saya pikir itu notmal," kata Goh Oh-kyun seperti dikutip dari Zingnews, Jumat (3/6/2022).

"Di kehidupan nyata, baik pelatih Shin maupun Park sangat baik, ramah, berpikiran terbuka dan selalu memiliki hubungan baik dengan rekan kerja dan pemain," imbuhnya.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan pelatih Vietnam Park Hang-seo. (kolase ist/bongda.vn)

Pelatih berusia 47 tahun itupun menyebut tidak ada pelatih yang memiliki sifat sama. Begitupun dengan Park Hang-seo dan Shin Tae-yong.

"Pelatih Shin dan Park memiliki filisofi dan kekuatan masing-masing yang membuat saya belajar banyak. Mereka adalah senior saya," kata dia.

"Saya menghormati individualitas mereka, sampai saat ini, sebagai pelatih kepala Vietnam U-23, saya belajar dari Coach Park," pungkasnya.

Lebih jauh, Gong Oh-kyun memgaku sempat terkejut ketika dipilih untuk menukangi Vietnam U-23. Sebab, ini belum pernah menjadi pelatih kepala selama kariernya.

Load More