Husna Rahmayunita
Shin Tae-yong bersama Gong Oh-kyun. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mantan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun baru-baru ini secara gamblang mengkritik pemain Skuad Garuda yang pernah ditanganinya..

Ia memberikan penilaian berkaca dari pengalamannya saat melatih Timnas Indonesia sebelum akhirnya memutuskan mundur pada akhir 2020.

Goh Oh-kyun kini telah memiliki jabatan baru. Ia Ia didapuk menjadi pelatih Timnas Vietnam U-23 menggantikan Park Hang-seo.

Pelatih berusia 47 tahun tersebut membandingkan kualitas pemain Indonesia dan Vietnam. Menurutnya, pemain Indonesia lebih sulit dilatih saat bertama bersua.

"Kesan pertama waktu di Indonesia pemainnya bisa dibilang susah didekati, kurang ramah. Dalam latihan tersebut, para pemain juga menunjukkan kesulitan dalam belajar, saya pikir mungkin karena perbedaan budaya," ujarnya seperti dikutip dari Zingnews, Jumat (3/6/2022).

Sempat mengira karena berbeda budaya, Gong Oh-kyun lantas menemukan bahwa bukan itu masalahnya. Tetapi, lebih kepada para pemain tak memiliki daya juang tinggi tak sesuai dengan harapannya.

"Pemain Indonesia tidak memiliki semangat yang cukup baik, tekad yang cukup seperti yang saya inginkan, sehingga sulit untuk bekerja," kata dia.

Karakter itulah yang menurut Gong Oh-kyun membedakan pemain Indonesia dan Vietnam. Ia pun mengaku lebih semangat melatih tim The Golden Star.

"Saya melihat pemain Vietnam sangat berambisi, pekerja keras dan menunjukkan sikap yang sangat progresif seperti permain Korea. Itu membuatku merasa sangat bersemangat," ungkapnya.

"Ketika saya pertama kali datang ke Indonesia, saya pikir mungkin para pemain di sini tidak terbiasa dengan metode latihan kami, jadi saya merasa sangat sulit untuk mendapatkan sesi latihan yang memuaskan. Hubungan pelatih-murid di sini juga sulit," pungkasnya.

Load More