Irwan Febri Rialdi
Wasit Yudi Nurcahya bakal pimpin laga final Liga 2 2021 antara Persis Solo melawan Rans Cilegon FC. [dok PSSI]

Bolatimes.com - Shin Tae-yong tidak puas dengan kepemimpinan wasit di laga Timnas Indonesia vs Bangladesh pada FIFA matchday, Rabu (1/6/2022) malam WIB.

Pada pertandingan yang dipimpin oleh wasit asal Indonesia, Yudi Nurcahya, itu skuad 'Merah Putih' harus puas bermain imbang tanpa gol.

Bukan cuma hasil imbang ini yang bikin Shin Tae-yong kecewa, tetapi juga kepemimpinan Yudi sebagai pengadil lapangan yang dirasa mengecewakan oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Ketidakpuasan Shin Tae-yong dengan kepemimpinan wasit Yudi diduga karena beberapa keputusannya selama pertandingan.

Semakin menyulut emosi Shin adalah saat wasit Yudi meniup peluit panjang sebelum waktu pertandingan benar-benar habis. Ya, saat itu tambahan waktu yang diberikan adalah 5 menit, tetapi wasit Yudi terlihat lebih cepat mengakhiri laga.

Setelah pertandingan rampung, Shin terlihat berteriak kepada asisten wasit keempat, setelah itu dia datang ke tengah lapangan untuk langsung protes kepada Yudi.

Lantas, siapa sebetulnya Yudi Nurcahya ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Yudi Nurcahya

Yudi Nurcahya bukan wasit sembarangan. Dia adalah salah satu wasit terbaik yang dimiliki oleh Indonesia saat ini, sudah 3 tahun terakhir dia mengantongi lisensi FIFA.

Pada tahun lalu, ia menjadi satu dari lima wasit Indonesia berlisensi FIFA, selain Thoriq Alkatiri, Dwi Purba, Aprisman Aranda, dan Fariq Hitaba. 

Kualitas Yudi sebagai pengadil di atas lapangan juga sudah terbukti setelah pada Liga 1 2019 terpilih sebagai wasit terbaik.

Pada tahun lalu, ia menyusul Thoriq Alkatiri setelah berhasil merangsek di jajaran wasit Elite Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Dengan statusnya tersebut, Yudi artinya bisa memimpin laga internasional di bawah naungan AFC mulai dari laga tim nasional se-Asia, Liga Champions Asia, hingga Piala AFC.

Selain berkarier di dalam lapangan, Yudi Nurcahya juga dikenal sebagai sosok yang akademis. Dia memegang gelar Magister Pendidikan usai menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Yudi mengambil jurusan Pendidikan Olahraga dan kini sudah menjadi dosen tetap di UPI.

Meski kemampuannya sudah diakui di Indonesia dan internasional, Yudi tetap tidak lepas dari sederet kontroversi dan protes dari pemain atau pelatih.

Di antaranya pelatih Laos U-23, Michael Weiss, memprotes kinerja Yudi Nurcahya, saat timnya kalah dari Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2022.

Terbaru, Yudi Nurcahya kena semprot pelatih timnas negaranya sendiri, Shin Tae-yong, saat memimpin laga Timnas Indonesia vs Bangladesh.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More