Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain timnas Indonesia, Marc Klok ketika menghadapi Bangladesh dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasan menunjuk Marc Klok jadi kapten Timnas Indonesia saat lawan Bangladesh di FIFA Matchday. 

Marc Klok didapuk menjadi kapten untuk menggantikan Fachruddin Aryanto yang diminta mundur di babak kedua kala lawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam.

Tentu saja keputusan Shin Tae-yong cukup mengejutkan. Pasalnya, Klok belum lama berada di Timnas Indonesia, namun langsung mendapat kepercayaan Shin Tae-yong.

"Untuk Marc Klok saya jadikan dia wakil kapten gantikan Fachruddin Aryanto," kata Shin Tae-yong di Bandung, Rabu (1/6/2022).

Juru formasi asal Korea Selatan itu menjelaskan Fachruddin digantikan Elkan Baggott pada babak kedua karena sudah terlalu sering dimainkan terutama saat SEA Games 2021.

Shin Tae-yong juga ingin memberikan kesempatan bermain kepada Elkan Baggott. Pasalnya, pemain berdarah Inggris-Indonesia jarang bermain bersama tim nasional, sedangkan Marc Klok lantas mengisi posisi kapten.

"Fachruddin saya ganti karena dia sudah main sejak SEA Games 2021. Dia kelelahan karena selalu main penuh," sambung pelatih 52 tahun tersebut.

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia akan berjuang dalam Kualifikasi Piala Asia 2023. Pada ajang tersebut, Timnas Indonesia menempati Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Dalam pertandingan nanti, Timnas Indonesia akan menghadapi Kuwait, Rabu (8/6/2022). Kemudian menghadapi Yordania (11/6/2022) dan Nepal (14/6/2022).

Load More