Irwan Febri Rialdi
Internazionale Banten (@interbanten)

Bolatimes.com - Kongres PSSI 2022 yang belum lama ini dilangsungkan telah mengesahkan beberapa pergantian nama klub Tanah Air. Total ada 22 klub dari Liga 1 hingga Liga 3 yang berganti nama.

Banyak di antaranya mempunyai nama-nama yang menarik dan mencuri perhatian publik, terlebih klub-klub dari Liga 3 yang merupakan kasta paling bawah di piramida sepak bola Indonesia.

Salah satu klub Liga 3 yang punya nama unik adalah klub asal Banten yang sebelumnya bernama Bintang Junior FC, kini bernama Internazionale Banten.

Baca Juga:
Exco PSSI Beri Lampu Hijau Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Sontak nama ini menjadi perhatian di dunia maya. Pasalnya, nama klub ini mirip dengan raksasa asal Italia, Internazionale Milano, atau yang biasa disebut Inter Milan.

Secara harfiah, nama mereka sebetulnya cenderung sama, tetapi sangat berbeda dari segi logo. Inter Banten identik dengan warna hitam dan merah muda, sedangkan Inter Milan dengan biru dan hitam.

Logo kedua tim juga berbeda, logo Inter Milan cuma berupa hurup I dan M yang merupakan akronim dari nama mereka. Sementara Inter Banten menampilkan kepala singa di logo mereka.

Baca Juga:
Akting Cedera saat Lawan Hong Kong, Pemain Malaysia Ini Langsung 'Go Internasional'

FC Internazionale sendiri didaftarkan raksasa kota Milan tersebut sebagai trademark pada 27 Maret 2018 lalu. Ini berarti Inter Milan lebih dulu memakai kata Internazionale daripada Inter Banten.

Nah, terlepas dari ramainya nama Internazionale Banten, klub yang dulunya bernama Bintang Junior FC ini sudah aktif bermain di kasta bawah Indonesia.

Pada kompetisi Liga 3 zona Banten musim lalu, Inter Banten atau Bintang Junior FC harus puas finis di peringkat kelima Grup C pada klasemen babak penyisihan grup.

Baca Juga:
Dewa United Perkenalkan Pemain Asing Pertamanya, Eks Liga Malaysia

Dari lima pertandingan yang mereka lakoni, Bintang Junior FC cuam mengantongi satu kali kemenangan dan menelan 4 kekalahan.

Dengan mengganti nama menjadi Internazionale Banten, mereka akan tetap mempersiapkan diri menyambut gelaran Liga 3 2022.

Sesuai jadwal program kerja PSSI, putaran provinsi Liga 3 termasuk Liga 3 Banten akan dimulai pada periode Agustus hingga November 2022.

Baca Juga:
Masya Allah, Shin Tae-yong Sumbangkan Uangnya ke Pesantren

Sementara mengenai pergantian nama yang sempat menimbulkan pertanyaan terkait izin dari Inter Milan, perwakilan Inter Banten sempat memberi keterangan.

Disebutkan bahwa mereka akan mengganti nama menjadi Internasional Banten untuk musim depan. Mereka pun tidak akan menggunakan nama "Internazionale" secara komersial di jersey, emblem, dan material-material lainnya baik secara fisik atau media sosial.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More