Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain senior Timnas Indonesia U-23, Fachruddin Aryanto saat berhadapan dengan penggawa Pohang Steelers dalam pertandingan uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Bek Timnas IndonesiaFachruddin Aryanto bercerita soal pengorbanannya yang harus berpisah dengan keluarga demi membela tim Garuda. Pemain Madura United itu rela berpisah dengan istri dan anaknya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Fachruddin sejauh ini selalu dipanggil pelatih Shin Tae-yong dalam beberapa ajang. Dia tak hanya tampil di timnas senior, melainkan juga kelompok umur khususnya U-23.

Dia tercatat membela timnas Indonesia dari mulai FIFA matchday hingga turnamen resmi seperti Piala AFF dan SEA Games 2021 lalu.

Baca Juga:
Cinta Indonesia, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh Ucap Ini di Hari Lahir Pancasila

Fachruddin masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Tidak hanya sekedar dipanggil, Fachruddin selalu menjadi andalan di posisi bek tengah.

Meski begitu, ada pengorbanan yang harus dibayar oleh Fachruddin. Ia kini lebih banyak meninggalkan keluarga demi berada di tim nasional.

"Musim yang panjang ya, setelah liga selesai kita cuma libur dua hari dan langsung gabung TC ke SEA Games. Tetapi seperti yang coach (Shin Tae-yong) bilang, harus ada yang dikorbankan," kata Fachruddin saat konferensi pers, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga:
Profil Jamal Bhuyan, Pemain Kelahiran Eropa yang Jadi Kapten Timnas Bangladesh

"Kita juga sudah kasih tahu keluarga dan mereka juga mengerti meski kita nggak bisa pulang," imbuhnya.

Meski jarang pulang, Fachruddin menjelaskan keluarga selalu menjadi motivasi utama. Itu yang membuatnya selalu bisa tampil maksimal dalam setiap pertandingan.

"Kemarin sempat juga PSSI memfasilitasi keluarga datang ke Jakarta, itu hal yang bagus buat saya," terangnya.

Baca Juga:
Meski Menang, Pelatih Bahrain Terkesan dengan Timnas Thailand

"Meski nggak pulang saya bisa ketemu keluarga. Itu jadi motivasi meski saya bekum bisa pulang," pungkasnya.

Terdekat, Fachruddin akan kembali memperkuat Timnas Indonesia melawan Bangladesh dalam FIFA matchday di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022).

Fachruddin Aryanto juga berpeluang besar masuk dalam skuad Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Dalam kejuaraan tersebut, tim Garuda berada di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Baca Juga:
Peringkat Lawan Terlalu Rendah, Menang Lawan Bangladesh Tak Buat Ranking FIFA Indonesia Naik

Load More