Husna Rahmayunita
Selebrasi Elkan Baggott usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh di FIFA Matchday, Rabu (1/6/2022). Berikut prediksi bek Skuad Garuda menyusul bergabungnya Elkan Baggott.

Pada pertandingan lawang Bangladesh, Timnas Indonesia akan tampil dengan kekuatan penuh. Semua pemain abroad sudah mengikuti pemusatan latihan, hanya minus Witan Sulaiman dan Ricky Kambuaya yang baru saja melangsungkan akad pernikahan.

Sementara Egy Maulana Vikri dipastikan absen dikarenakan masih cedera. Namun terdapat beberapa nama yang dinilai mampu mengisi ruang yang ditinggalkan kedua pemain.

Dalam sesi jumpa pers jelang laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Bangladesh, Shin Tae-yong mengungkapkan jika kondisi anak asuhnya saat ini dalam keadaan baik. Pelatih asal Korea Selatan tersebut berjanji akan memberikan perlawanan terbaiknya dan tentunya membidik kemenangan.

"Saat ini kondisi pemain sangat baik. Saat latihan, pemain selalu bersemangat dan bekerja keras. Kami akan memberikan perlawanan terbaik dan kemenangan tentunya. Meski begitu, Egy Maulana absen pada laga besok karena masih cedera," kata Shin Tae-yong.

"Saya akan menguji suasana organisasi seperti apa pertandingan nanti. Apalagi kami akan menghadapi Kuwait, Nepal dan Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti," tambahnya.

Fachruddin Aryanto mengaku senang karena pada laga tersebut bisa dihadiri penonton. Ia mengatakan jika sudah menantikan momen ini kembali terjadi.

"Kami senang laga bisa dihadiri penonton. Itu yang kami nantikan. Laga itu juga dapat menaikkan peringkat kami di FIFA. Semoga kami bisa melaksanakan perintah pelatih dan menunjukkan performa terbaik," kata Fachruddin.

Jelang laga Indonesia vs Bangladesh, banyak yang bertanya-tanya mengenai siapa yang akan mengisi duet center bek Timnas. Pasalnya lini pertahanan Indonesia mendapat tambahan kekuatan usai kedatangan Elkan Baggott yang selama SEA Games kemarin kehadirannya dalam skuad Garuda sangat dinantikan, namun ia tak bisa memperkuan Timnas karena beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Ada dua kemungkinan mengenai siapa yang akan diturunkan sejak menit pertama di posisi center bek. Pertama, Shi Tae-yong mungkin akan menurunkan duet Elkan Baggott dengan Fachruddin Aryanto sejak awal pertandinga.

Kedua, Shin Tae-yong akan memplot Rizky Ridho untuk menemani Fachruddin dan menyimpan tenaga Elkan Baggott untuk diturunkan di babak kedua. Pilihan kedua ini beberapaki dilakukan oleh Shin Tae-yong pada saat AFF kemarin.

Di posisi penjaga gawang, kemungkinan Nadeo akan jadi pilihan utama. Posisi bek kanan nama Asnawi Mangkualam akan diturunkan sejak awal dan kedatangan Arhan Pratama dari Tokyo Verdy dapat dipastikan mengisi sektor kiri bek Timnas.

Absennya Ricky Kambuaya di lini tengah dan kembalinya Evan Dimas dan Stefano Lilipaly ke skuad Garuda, bukan hal yang tidak mungkin untuk Shin Tae-yong menurunkan kedua pemain tersebut sejak menit awal. Ada juga nama bintang muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, untuk melengkapi lini tengah Indonesia.

Di posisi penyerang, Irfan Jauhari, Saddil Ramdani, dan Irfan Jaya bisa jadi pilihan utama untuk diturunkan sejak awal pertandingan. Namun Shin Tae-yong juga bisa menurunkan Terens Puhiri sebagai pilihan kedua.

(Kontributor SuaraJogja.id: Moh. Afaf El Kurnia)

Load More