Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki ambisi besar untuk bisa memenangkan duel melawan Bangladesh untuk mengatrol peringkatnya di ranking FIFA.

Sebab, pertandingan antara timnas Indonesia melawan Bangladesh ini tercantum dalam kalender FIFA Matchday. Sehingga, hasil pertandingan akan menghasilkan poin bagi masing-masing kubu.

Namun demikian, kemenangan yang diraih atas Bangladesh pada laga yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/2022) ini, masih belum cukup untuk mengatrol posisi timnas Indonesia.

Sebab, secara hitung-hitungan yang dilansir dari laman Football-Ranking.com, kemenangan atas Bangladesh akan menghasilkan poin tambahan sebesar 4,07 poin untuk skuad Merah Putih.

Karena saat ini timnas Indonesia berada di urutan ke-159 dengan koleksi 1.001,61 poin, maka tambahan empat poin hanya membuat Indonesia memiliki 1.005 poin.

Dengan nominal itu, timnas Indonesia belum bisa berbuat banyak untuk mengatrol posisinya di peringkat FIFA. Sebab, jumlah itu masih belum sanggup menggeser posisi di atasnya.

Hal ini lantaran timnas Singapura, yang berdiri satu strip di atas timnas Indonesia, sampai saat ini masih berada di peringkat 158 dengan koleksi 1.012 poin.

Pada hari yang sama pula, skuad The Lions akan melakoni laga uji coba internasional melawan timnas Kuwait di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Timnas Singapura memang tak diunggulkan pada laga ini. Kemungkinan besar Kuwait bisa meraih kemenangan atas The Lions. Jika kalah melawan Kuwait, maka Singapura akan kehilangan lima sampai enam poin.

Kalau dikurangi enam angka, maka jumlah poin yang dimiliki Singapura menjadi 1.006 poin. Jumlah ini juga belum mampu digeser oleh timnas Indonesia.

Terlepas dari fakta itu, skuad Merah Putih masih memiliki sejumlah kesempatan untuk mengatrol peringkat FIFA-nya.

Hal itu bisa ditempuh andai skuad asuhan Shin Tae-yong mampu meraih hasil maksimal di fase ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada ajang yang berlangsung 8-14 Juni itu, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Saat ini, tim teratas di Grup A adalah Yordania yang berada di peringkat 91 FIFA. Sementara Kuwait duduk di posisi 147, sedangkan Nepal 168.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More