Rauhanda Riyantama
Persis Solo juara Liga 2 2021 usai mengalahkan Rans Cilegon FC dengan skor 2-1 pada babak final di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/12/2021). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Bolatimes.com - Tim promosi Liga 1, Rans Cilegon FC telah resmi berganti nama Rans Nusantara FC. Pergantian nama ini telah disahkan lewat Kongres Biasa PSSI 2022 di Hotel Trans Luxury, Bandung, Senin (30/5/2022).

Direktur Operasional Rans Nusantara FC, Darius Sinathrya mengungkap makan di balik perubahan nama timnya tersebut. Ia menyebut pergantian nama dilakukan demi memperluas basis suporter.

“Namanya, kan, RANS Nusantara. Artinya kami ingin menggaet para suporter dari Indonesia, baik itu fan Raffi Ahmad (pesohor yang juga salah satu pemilik klub-red), pencinta sepak bola Cilegon dan Indonesia. Jadi visinya ke sana,” kata Darius usai Kongres Biasa PSSI, dilansir dari Antara.

Baca Juga:
Boaz Solossa Berharap Kehadirannya di PSS Sleman Bisa Jadi Motivasi Bagi Pemain Muda

Lebih lanjut, perubahan nama klub Rans tidak serta-merta menghilangkan jejak Cilegon dan Provinsi Banten di dalam tim. Darius memastikan Rans Nusantara FC akan terus menjadi perwakilan Banten di persepakbolaan nasional.

“Kami dari awal selalu mengatakan bahwa akarnya Rans Cilegon FC yang kini berubah menjadi Rans Nusantara FC itu tetap dari Banten. Klub akan menjadi representasi Provinsi Banten dalam jangka panjang,” tutur Darius.

Hal yang tampak jelas akan berbeda akibat pergantian nama klub tersebut adalah logo klub. Ia memastikan akan ada sedikit perubahan di logo, namun warna ungu tetap sama.

Baca Juga:
Boaz Solossa Resmi Gabung PSS Sleman, Fanatisme Suporter Jadi Alasan

“Logo masih akan berwarna ungu tetapi akan berganti meski perubahannya cuma sedikit. Peluncurannya nanti menunggu pramusim selesai,” tandas Darius.

Sementara itu, Rans Nusantara FC bukan satu-satunya klub Liga 1 yang berubaha nama. Ada tiga lagi, yakni Martapura Dewa United yang menjadi Dewa United FC, lalu Borneo FC berubah nama menjadi Borneo FC Samarinda, serta Tira Persikabo menjadi Persikabo 1973

Kemudian, dari Liga 2, klub Putra Safin Grup—yang sempat dikenal sebagai AHHA PS Pati—berubah nama menjadi FC Bekasi City. Akan tetapi, domisili klub tersebut masih di Pati.

Baca Juga:
PSSI Resmikan 4 Nama Baru Klub Liga 1, Salah Satunya Rans Cilegon FC Jadi Rans Nusantara FC

Terakhir, ada 17 tim Liga 3 yang berganti nama. Mereka adalah Spektra FC menjadi Spektra Trisula FC, Persiwaka FC menjadi Putra Way Kanan FC, Bintang Junior FC menjadi Internazionale Banten, Laskar Muda FC menjadi Taruma FC, Persebam FC menjadi Depok City FC dan Carsurin Tribins FC menjadi R2B Legend FC.

Selanjutnya Kabomania FC menjadi Kabomania Cimahi Putra FC, Putra Surya Magetan Connection menjadi Safin Pati PC, Mataram Utama FC menjadi Nusantara United FC, Cahaya Muda Pamekasan menjadi Cahaya Madura Muda, Putra Jombang menjadi Putra Delta Sidoarjo, Persema 1953 menjadi AFA Syailendra, Sumbersari FC menjadi NZR Sumbersari, Babel United, PS Bone Bolango menjadi Bonebol FC, PS Pahuwato menjadi PSP Pahuwato dan Persitoli FC menjadi Toli FC.

Baca Juga:
Robert Lewandowski Tegaskan Ingin Hengkan dari Bayern Munich, Gabung Barcelona?

Load More