Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 kalah tipis 0-1 kala berjumpa Venezuela pada laga perdana Grup B Turnamen Toulon 2022 di Stade de Lattre-de-Tassigny, Aubagne, Prancis, Senin (30/5/2022).

Menghadapi Venezuela, Timnas Indonesia U-19 kesulitan mematahkan dominasi lawan sejak bola digulirkan.

Mendominasi penguasaan bola, Venezula, lewat umpan-umpan jarak jauh beberapa kali mengancam gawang Indonesia yang dikawal Cahya Supriadi.

Baca Juga:
4 Pemain Timnas Indonesia yang Menikah Muda, Terbaru Witan Sulaeman

Peluang pertama bagi Venezuela terjadi di menit ke-10. Lolos dari kawalan, Daniel Perez melepaskan tendangan keras ke gawang Indonesia. Beruntung bola mampu ditepis oleh Supriadi.

Di menit 12, Perez kembali mendapat peluang. Menusuk dari sisi kanan, Perez melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti, namun lagi-lagi peluang tersebut dimentahkan Supriadi.

Satu menit berselang, giliran Guarirapa yang mendapat peluang. Menyambut umpan silang Perez, pemain bernomor punggung 7 itu menanduk bola dengan keras yang mengarah ke gawang Indonesia.

Baca Juga:
Profil Javier Fernandez Cabrera, Pelatih Timnas Bangladesh Alumni Akademi Barcelona

Beruntung bagi skuad Garuda, bola yang mengarah ke bawah berhasil ditepis Supriadi.

Memasuki menit 30, Timnas Indonesia U-19 mulai menebar ancaman. Akan tetapi rapatnya barisan belakang tim lawan tak mampu ditembus.

Di sisa waktu pertandingan, kedua tim masih sama-sama mencari celah untuk mengubah papan skor. Akan tetapi hingga turun minum, skor kacamata tidak berubah.

Baca Juga:
Fasilitas Lengkap, UPI Bandung Jadi Tempat Pusat Latihan Timnas Indonesia

Di awal babak kedua, Indonesia berpeluang mengubah papan skor. tidak terkawal di sisi kanan kotak penalti lawan, Alfriyanto Nico melepaskan tembakan ke gawang Venezuela. Sayang bola berhasil ditepis penjaga gawang.

Peluang kembali didapat di menit 66. Lolos dari kawalan, Ronaldo Kwateh melepaskan umpan mendatar ke depan gawang. Akan tetapi Nico yang dituju kalah cepat dari bek Venezuela.

Venezuela yang sejak awal babak kedua terlihat tertekan, justru berhasil memecah kebuntuan lebih dulu di menit 68. Adalah Perez yang mengubah kedudukan menjadi 0-1, meneruskan umpan lambung Gondogbia.

Baca Juga:
Persebaya Surabaya Masuk Grup Berat Turnamen Pramusim, Aji Santoso: Tak Masalah

Tiga menit berselang, Venezuela nyaris menggandakan keunggulan. Berhadapan satu lawan satu dengan Supriadi, Ortega melepaskan tendangan mendatar yang mampu dibaca dengan baik oleh kiper muda Persija Jakarta itu.

Hingga laga usai, skor 0-1 untuk kemenangan Venezuela tetap bertahan.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Cahya Supriadi; Raka Cahyana Rizky, Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, Edgard Amping; Subhan Fajri, Kadek Arel, M Rafli Asrul; Alfriyanto Nico, Ronaldo Kwateh, Ferdiansyah.

Pelatih: Dzenan Radoncic.

(Suara.com/Syaiful Rachman)

Load More